[POPULER SAINS] Fenomena Langka Bulan Baru Stroberi Mikro | Rompi Penurun Suhu | Manik Bipolar Marshanda

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Berita populer Sains dibuka dengan informasi mengenai fenomena Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon. Peristiwa ini akan menjadi fenomena astronomis langka, yang akan berlangsung besok, Rabu (29/6/2022). 

Read More

Fenomena Strawberry Supermoon adalah peristiwa istimewa. Keistimewaan bulan purnama kali ini karena bertepatan dengan micromoon yang terjadi setiap 9 tahun sekali.

Keindahan fenomena bulan baru Stroberi mikro ini bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia, tanpa alat bantu optik apa pun, kecuali jika ingin mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video.

Selain berita tersebut, di Musim Haji 2022, bertepatan dengan suhu panas tinggi di Arab Saudi. Kondisi menyebabkan jemaah haji rentan mengalami heat stroke. 

Untuk mencegah heat stroke pada jemaah haji, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan rompi penurun suhu.

Marshanda sempat dikabarkan hilang di Los Angeles, Amerika Serikat, akibat mengalami fase manik bipolar. 

Selama ini, Marshanda atau yang biasa disapa Caca, memang memiliki gangguan bipolar. Bipolar adalah salah satu gangguan kesehatan mental.

Ikan Duyung kembali ramai diperbincangkan usai viral dalam sebuah unggahan video di platform media sosial TikTok.

Akun TikTok @capt.fredrik_kailola, mengunggah video yang memperlihatkan penampakan putri duyung atau ikan duyung pada Senin (27/6/2022).

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (29/6/2022) hingga Rabu (29/6/2022). 

Fenomena Bulan Baru Stroberi Mikro ini akan berlangsung 29 Juni 2022 dan menjadi peristiwa langka yang hanya terjadi 9 tahun sekali. 

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menjelaskan, Bulan Baru Mikro kali ini diapit oleh dua Bulan Purnama Super yang terjadi pada dua bulan berturut-turut.

“Fenomena ini terakhir kali terjadi pada 2004 dan 2013, sehingga bisa dikatakan fenomena ini terjadi setiap 9 tahun sekali,” ujar Andi seperti dikutip Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Bulan Baru Stroberi Mikro tidak dapat disaksikan sebelum matahari terbit, sebab munculnya lebih lambat dibandingkan matahari dan permukaan bulan yang menghadap bumi tidak terkena cahaya matahari, sehingga tampak gelap.

Penamaan Bulan Baru Stroberi ini berasal dari The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika) di mana pada bulan Juni dilakukan panen stroberi.

“Sebenarnya penamaannya berasal dari penanda musim dan perilaku hewan yang timbul pada musim-musim tertentu bagi penduduk asli Amerika,” jelas Andi.

Fenomena Bulan Baru Stroberi Mikro akan terjadi pukul 09.52 WIB/10.52 Wita/11.52 WIT pada jarak 406.569 km.

Selengkapnya berita populer Sains, fenomena langka Bulan Baru Stroberi Mikro ini dapat dibaca di sini. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut telah memanfaatkan teknologi carbon cool, yang didesain menjadi set rompi penurun suhu.

Rompi ini diharapkan dapat menangani kasus heat stroke jemaah haji di Arafah, Muzdhallifah dan Mina (Armuzna) selama Musim Haji 2022.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr Budi Sylvana, MARS, menyampaikan rompi penurun suhu juga akan digunakan oleh petugas kesehatan yang bertugas di wilayah Armuzna sebagai tindakan pencegahan.

“Rompi penurun suhu ini merupakan inovasi pelayanan kesehatan di musim haji 1443 Hijriah, untuk penanganan kasus heat stroke yang mungkin terjadi di musim haji 2022 ini,” ungkap Budi dikutip dari laman Sehat Negeriku Kemenkes, Senin (27/6/2022).

Pasalnya, suhu panas Arab Saudi saat ini sedang tinggi yang dapat memicu kondisi heat stroke.

Heat stroke adalah kondisi paling berat pada tubuh akibat cuaca panas, dikarenakan tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan.

Pada kondisi tersebut, suhu badan bisa meningkat dengan cepat hingga 41 derajat Celsius dalam 10 sampai 15 menit, akibatnya tubuh sudah tidak dapat mengeluarkan keringat.

Berita populer Sains tentang inovasi rompi penurun suhu untuk mencegah heat stroke pada jemaah haji di Musim Haji 2022 ini dapat dibaca selengkapnya di sini. 

Manik bipolar dialami Marshanda

Marshanda sempat dikabarkan hilang di Los Angeles dan diduga akibat fase manik bipolar.

Pihak keluarga akhirnya mengklarifikasi dan memberikan pernyataan resmi terkait beredarnya kabar Marshanda menghilang di Los Angeles. 

Sebelumnya, Marshanda memang mengakui bahwa dirinya mengidap gangguan bipolar, yang kemudian membuatnya menjalani perawatan di luar negeri.

Gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrim yang mencakup emosi tinggi (mania atau hipomania) dan terendah (depresi).

Dikutip dari Mayo Clinic, gangguan bipolar sebelumnya disebut dengan manik depresi.

Kondisi ini mengacu ketika seseorang menjadi depresi, ia mungkin merasa sedih atau putus asa dan kehilangan minat atau kesenangan dalam sebagian besar aktivitas.

Marshanda mengalami fase manik bipolar saat sempat dilaporkan hilang, selengkapnya berita populer Sains ini dapat disimak di sini.

Media sosial ramai dengan beredarnya video viral Ikan Duyung di platform media sosial TikTok.

Hewan apa itu? 

Putri duyung adalah sebutan populer oleh masyarakat awam yang merujuk pada penggambaran imajinasi seorang gadis cantik dari tubuh ke kepala dengan bagian bawah badan menyerupai ikan yang lengkap dengan ekor.

Sementara, ikan duyung adalah sebutan populer pada hewan asli bernama Dugong.

Dugong memiliki nama ilmiah Dugong dugon. Satwa air ini termasuk dalam Ordo Sirenia dan famili Dugongidae.

Dilansir dari National Geographic, Dugong sebetulnya bukan ikan, melainkan mamalia yang sangat besar yang habitatnya di perairan pantai yang hangat.

Mamalia air tersebut dapat ditemukan dari Afrika Timur hingga Australia, termasuk Laut Merah, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Berita populer Sains tentang ikan duyung di Pantai Ambon ini, selengkapnya bisa disimak di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#POPULER #SAINS #Fenomena #Langka #Bulan #Baru #Stroberi #Mikro #Rompi #Penurun #Suhu #Manik #Bipolar #Marshanda #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts