5 Danau Terluas di Indonesia

  • Whatsapp

KOMPAS.com –┬áDanau terluas di Indonesia adalah Danau Toba. Danau Toba terkenal tidak hanya bagi wisatawan lokal, namun juga bagi wisatawan asing. Berikut adalah daftar danau terluas di Indonesia beserta pesona keindahannya.

Read More

1. Danau Toba

Danau Toba adalah danau dengan luas 1.130 kilometer persegi. Panjangnya mencapai 100 kilometer dan lebarnya 30 kilometer. Danau ini terletak di Sumatera Utara dan menjadi salah satu danau yang terkenal di dunia internasional.

Fitur utama yang membuat Danau Toba unik dibandingkan dengan danau lain adalah Danau Toba memiliki pulau di tengahnya, yaitu Pulau Samosir. Pulau Samosir sendiri memiliki danau di tengahnya, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Danau Toba merupakan danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi yang menyebabkan terbentuknya kaldera yang besar dan terisi air. Hal ini juga menyebabkan tanah di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir sangat subur.

2. Danau Towuti

Danau terbesar kedua di Indonesia adalah Danau Towuti yang terletak di Sulawesi Selatan. Luas Danau Towuti adalah 561,1 kilometer persegi. Tidak hanya luas, danau ini juga sangat dalam. Kedalaman Danau Towuti mencapai 203 meter.

Danau Towuti merupakan danau yang terbentuk dari hasil pergerakan lempeng tektonik yang juga memisahkan Sulawesi Selatan dengan Sulawesi Tenggara. Keunikan utama dari Danau Towuti adalah 14 hewan endemik yang hanya ditemukan di sini, diantaranya Crocodylus porosus dan Hydrosaurus amboinensis.

3. Danau Tempe

Danau Tempe merupakan danau yang terletak di Sulawesi Selatan dengan luas 350 kilometer persegi. Danau ini diyakini merupakan teluk yang memisahkan Toraja dengan Sulawesi Selatan. Kehidupan di sekitar danau ini masih sangat tradisional dan menjadi sumber mata pencaharian penduduk sekitar dengan mencari ikan.

4. Danau Poso

Masih di tanah Sulawesi, kali ini adalah Danau Poso dengan luas 323 kilometer persegi. Danau ini memiliki kedalaman 450 meter. Danau Poso terbentuk akibat pergerakan lempeng tektonik. Danau ini menjadi destinasi wisata karena keindahan alamnya.

5. Danau Matano

Danau Matano tidak hanya masuk ke dalam jajaran danau terluas di Indonesia, namun juga danau paling dalam di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Danau Matano memiliki kedalaman hingga 590 meter. Di tingkat dunia, danau ini merupakan danau terdalam ke-8.

Danau Matano juga merupakan danau purba yang terbentuk sejak 1 sampai 4 juta tahun yang lalu. Oleh karena itu, spesies endemik di sini sangat banyak. Salah satu hewan endemik yang terkenal adalah ikan butini.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Danau #Terluas #Indonesia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts