Kenapa Wajan Teflon Antilengket?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Plastik yang tahan panas, tahan bahan kimia, dan antilengket adalah polytetrafluoroethylene (PTFE) atau yang umum dikenal sebagai teflon.

Read More

Biasanya, teflon digunakan sebagai pelapis peralatan masak antilengket, seperti penggorengan dan wajan. 

Dilansir dari Healthline, teflon adalah bahan kimia sintetis yang terdiri dari atom karbon dan fluor.

Teflon yang pertama kali dibuat pada 1930-an ini memberikan permukaan yang tidak reaktif, antilengket, dan hampir tanpa gesekan.

Permukaan antilengket membuat peralatan masak berlapis teflon nyaman digunakan dan mudah dibersihkan.

Memasak dengan peralatan yang dilapisi teflon juga membutuhkan sedikit minyak, menjadikannya cara yang lebih sehat untuk memasak makanan.

Teflon memiliki beberapa kegunaan lain, seperti pelapis kawat dan kabel, pelindung kain dan karpet, dan kain tahan air untuk pakaian outdoor, seperti jas hujan.

Kenapa teflon antilengket?

Dilansir dari Science ABC, teflon tidak mudah bereaksi dengan zat lain. Ini memiliki titik leleh yang tinggi dan menunjukkan sifat listrik yang luar biasa. 

Sifat antilengket teflon dapat berasal dari struktur kimianya. Ini adalah padatan fluorokarbon yang terdiri dari rantai panjang atom karbon dan fluor.

Sederhananya, teflon tidak mau bersentuhan dengan benda lain sehingga tidak membiarkan apapun (termasuk makanan, air, dan lain-lain) menempel padanya sehingga ia umum dijadikan lapisan antilengket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kenapa #Wajan #Teflon #Antilengket #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts