Bagaimana Insulin Bisa Mengatasi Diabetes?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Diabetes atau kencing manis adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah cukup.

Read More

Ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efektif juga dapat menyebabkan diabetes.

Diabetes merupakan penyakit yang menyerang jutaan penduduk dunia setiap tahunnya.

Indonesia adalah salah satu negara dengan kasus diabetes tertinggi di dunia.

Pada tahun 2021, International Diabetes Federation (IDF) mencatat 19,5 juta kasus diabetes di Indonesia dengan jumlah kematian mencapai 236.711.

Angka ini menempatkan Indonesia di posisi kelima dalam daftar negara dengan kasus diabetes tertinggi di dunia.

Berdasarkan perkiraan IDF, jumlah kasus diabetes di Indonesia dapat terus menanjak dan menyentuh angka 28,57 juta pada tahun 2045.

Insulin adalah adalah hormon yang diproduksi di pankreas, yang membantu tubuh menggunakan glukosa (gula) sebagai energi.

Saat terserang diabetes, pankreas tidak mampu lagi memproduksi insulin atau insulin yang dibuat tidak dapat bekerja secara efektif.

Hal inilah yang menyebabkan beberapa penderita diabetes bergantung pada insulin untuk pengobatannya.

Mengutip Healthline, fungsi insulin adalah untuk membantu mengubah glukosa menjadi energi dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh.

Selain itu, bagi penderita diabetes, insulin dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap normal, menyediakan glukosa yang digunakan untuk energi, dan membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa.

Menurut The British Diabetic Association, penderita dua jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, dapat menggunakan pengobatan insulin dengan arahan yang tepat dari dokter.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan, ada empat cara menggunakan insulin sebagai pengobatan untuk diabetes, yakni dengan jarum suntik, pena insulin, pompa insulin, dan inhaler insulin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Bagaimana #Insulin #Bisa #Mengatasi #Diabetes #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts