7 Bukti Bumi Bulat yang Sulit Dibantah

  • Whatsapp

KOMPAS.com –┬áKita mengetahui bahwa Bumi bulat sejak zaman Sebelum Masehi. Namun, hingga saat ini masih ada yang tidak percaya dan mengatakan bahwa Bumi bukan bulat, melainkan datar.

Read More

Bukti bahwa Bumi bulat dapat dibuktikan dengan fenomena berikut ini.

1. Variasi rasi bintang

Setiap bagian Bumi menunjukkan variasi rasi bintang yang berbeda. Hal ini diungkapkan oleh Aristoteles yang melakukan pengamatan terhadap rasi bintang di langit. Beliau menemukan bahwa rasi bintang yang terlihat di Mesir dan Cyprus tidak terlihat di bagian utara. Berdasarkan pengamatan ini, Aristoteles yakin bahwa Bumi berbentuk bulat.

Jika bumi berbentuk datar, seharusnya rasi bintang yang diamati masih sama, namun hanya berbeda jarak saja. Rasi bintang tersebut akan tetap terlihat walau lebih jauh.

2. Bayangan di permukaan Bumi

Tokoh kedua yang menemukan bahwa Bumi bulat adalah Eratosthenes. Bahkan, beliau menemukan cara menghitung keliling Bumi yang hampir akurat. Teori tersebut ditemukan dengan cara memperhatikan perbedaan panjang dua bayangan yang sama pada waktu yang sama di dua tempat yang berbeda.

Panjang bayangan yang ditemukan pada kedua tempat berbeda dan menunjukkan bahwa Bumi bulat. Jika bumi datar, maka bayangan yang harusnya tercipta antara kedua tempat seharusnya sama.

3. Bentuk bulan dan planet lain

Pengamatan bentuk Bulan dan planet lainnya membuktikan bahwa benda-benda langit tersebut berbentuk bulat. Semua planet terbentuk dalam waktu dan lingkungan yang sama. Oleh karena itu, jika planet lain berbentuk bulat, maka masuk akal jika Bumi berbentuk bulat.

Hal ini diperkuat dengan pengamatan yang dilakukan oleh Galileo Galilei pada tahun 1610. Beliau menemukan bahwa Jupiter memiliki bulan yang bergerak mengelilinginya. Galileo meyakini bahwa Bulan juga mengelilingi Bumi dan Bumi berbentuk bulat.

4. Memandang Bumi di atas ketinggian

Memandang Bumi di atas ketinggian akan menunjukkan bentuk Bumi yang bulat. Jika seseorang memanjat ke atas pohon atau memandang dari atas gedung yang tinggi, seharusnya ia akan mampu melihat hamparan Bumi yang sangat jauh. Faktanya, jarak pandangnya tidak akan terlalu jauh karena permukaan Bumi yang melengkung di ujung pemandangan yang ia lihat.

Selain itu, kita juga sering mendengar teori sederhana dimana jika kita melihat perahu berlayar dari pantai, maka lama kelamaan kapal tersebut akan menghilang seolah tenggelam ke dalam air. Padahal ini disebabkan karena kapal tersebut menuju lengkungan Bumi selanjutnya.

5. Naik pesawat

Faktanya, pesawat bisa terus terbang dalam garis lurus tanpa jatuh atau mencapai ujung Bumi. Selain itu, beberapa pesawat besar akan terbang lebih tinggi. Dari ketinggian akan terlihat bahwa permukaan Bumi sedikit melengkung. Sedikit bagian Bumi yang terlihat ini jika diteruskan maka akan membuktikan bahwa Bumi berbentuk bulat.

6. Pembagian zona waktu

Tidak mungkin jika Bumi berbentuk datar akan terjadi siang dan malam. Konsepnya serupa dengan tampaknya rasi bintang yang sebelumnya telah kita bahas. Jika Bumi datar, maka sinar Matahari akan tetap mencapai belahan Bumi lainnya.

Namun, Bumi selalu memiliki sebagian wilayah siang dan sebagian wilayah malam. Ini disebabkan karena bentuk Bumi yang Bulat.

7. Bayangan Bumi bulat

Pada fenomena gerhana Bulan, bayangan Bumi pada bulan terlihat melengkung.

Sekarang, apakah kamu sudah percaya bahwa Bumi berbentuk bulat?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Bukti #Bumi #Bulat #yang #Sulit #Dibantah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts