4 Buah “Ajaib” untuk Kesehatan Selama Jalankan Puasa Ramadhan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Konsumsi buah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan puasa Ramadhan. Ada beberapa buah “ajaib” yang sehat untuk dikonsumsi, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Read More

Dilansir dari Times of India, Sabtu (30/4/2022), ahli gizi mengatakan bahwa makan buah setelah berpuasa dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Sebab, selama sehari penuh berpuasa, cairan tubuh akan banyak berkurang. Oleh karenanya, untuk mengembalikan tubuh agar terhidrasi kembali, maka tubuh memerlukan mineral dan cairan pengganti segera mungkin.

Ahli diet Rachana Bhagwat mentakan bahwa buah-buahan dapat dikonsumsi selama menjalankan puasa.

Untuk diketahui, manfaat makan buah atau konsumsi buah, akan membantu tubuh dapat kembali segar dan berenergi, sehingga siap menjalankan puasa di hari berikutnya.

Lantas, buah apa saja yang baik untuk dikonsumsi?

Ada banyak jenis buah yang bisa dikonsumsi selama menjalankan puasa Ramadhan, baik dimakan saat sahur maupun berbuka puasa. Namun, ada 4 buah ajaib untuk kesehatan yang bisa konsumsi, di antaranya sebagai berikut.

1. Kurma

Siapa yang tidak kenal kurma? Buah kering ini merupakan salah satu buah wajib yang selalu ada di meja makan, baik untuk dikonsumsi sebelum makan sahur, maupun untuk berbuka puasa.

Kurma adalah sumber energi yang sangat baik untuk tubuh. Oleh karena itu, kurma jenis apapun, baik kurma segar maupun yang dikeringkan sangat baik untuk dikonsumsi.

Manfaat kurma dapat memberikan energi dengan kandungan gula yang banyak dalam setiap buahnya.

2. Strawberry 

Buah ajaib untuk kesehatan puasa Ramadhan lainnya adalah strawberry. Buah strawberry adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C, anti oksidan dan dapat memberikan perlindungan kulit alami.

PIXABAY/ALLISON SULOCK Ilustrasi strawberry atau stroberi, menanam strawberry. Buah strawberry, manfaat strawberry untuk kesehatan tubuh.

Khasiat buah strawberry juga dapat mencegah masuk angin, flu, dan infeksi lainnya selama musim hujan sehingga saat Anda berpuasa maka tidak akan mudah jatuh sakit.

3. Pepaya

Buah ajaib untuk puasa Ramadhan yang sehat dikonsumsi adalah pepaya.

Pepaya yang tersedia dalam jumlah yang banyak, akan lebih kaya vitamin A, vitamin C dan folat, serta fitokimia.

Kandungan pepaya inilah yang membuah buah tropis tersebut sebagai makanan anti bakteri, anti kanker dan anti stres.

Selain itu, manfaat pepaya lainnya yakni dapat mengobati pencernaan dan penyakit gastronointestnal lainnya.

Sebab, buah pepaya diketahui mengandung enzim papain yang baik untuk mengobati sakit pencernaan.

4. Pisang

Pisang adalah buah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan potasium atau kalium dalam buah pisang, dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Serat dalam buah pepaya juga sangatlah tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan energi Anda setelah berpuasa sehari penuh.

Oleh karena itu, sebagai salah satu buah ajaib untuk dikonsumsi selama Ramadhan, pisang sangat baik untuk penecernaan, sehingga dapat dimakan baik saat sahur maupun berbuka puasa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Buah #Ajaib #untuk #Kesehatan #Selama #Jalankan #Puasa #Ramadhan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts