4 Cara Mengusir Semut dari Rumah, Apa Saja?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Keberadaan semut dapat sangat mengganggu, terlebih jika membentuk kawanan. Tidak asing lagi apabila semut suka mengerubungi sesuatu yang manis. Lantas, bagaimana cara mengusir semut di rumah?

Read More

Namun, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences pada 27 Oktober 2008 menunjukkan bahwa hewan satu ini lebih menyukai garam dibandingkan gula, setidaknya terjadi di daerah pedalaman yang miskin garam.

Hal tersebut terutama berlaku untuk semut pemakan tumbuhan dikarenakan semut karnivora mendapatkan cukup garam dari mangsanya.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), semut membutuhkan garam untuk menjaga aktivitas saraf dan otot tubuh serta keseimbangan air. Adapun gula digunakan untuk menambah energi bagi tubuhnya.

Sehingga tidak mengherankan apabila begitu mudah menemukan semut di sekitar makanan yang diletakkan di tempat terbuka karena hewan kecil ini tengah mencari makanan.

Jenis semut yang biasa ditemukan di rumah dan memburu makanan adalah semut gula. Seringkali keberadaan semut ini begitu mengganggu, sehingga beragam cara dilakukan untuk dapat mengusir semut ini.

Semut gula, biasanya berukuran kecil, berwarna hitam atau cokelat, dan cenderung mencari makanan yang kaya karbohidrat seperti gula.

Cara berburu kelompok semut ini sangat terstruktur karena biasanya hanya ada sekitar satu atau dua ekor semut yang menjadi semut pramuka, lalu tiba-tiba datang secara berkoloni untuk mengerumuni makanan yang tidak tersimpan rapat.

Perlu diketahui, saat semut menemukan sumber karbohidrat, protein, atau lemak yang baik, semut pramuka meletakkan jejak kimia yang akan mengarahkan pengumpul koloninya.

Melihat semut berkerumun di sekitar makanan yang hendak disantap, pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara mengusir semut di rumah?

 

Unsplash/Amit Talwar Ilustrasi semut, ilustrasi hama semut di rumah

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir semut di rumah.

1. Simpan makanan di tempat kedap udara

Makanan-makanan yang disukai dan mudah dijangkau semut seperti sereal manis, tepung, gula, dan lainnya. Agar tidak dapat dijangkau semut, maka dapat ditempatkan dalam wadah yang kedap udara.

2. Membersihkan jejak semut

Cara mengatasi semut tidak berkerumun, yakni dengan memperhatikan arah semut pergi, maka dapat melihat jejak kimia yang ditinggalkan semut pramuka.

Telusuri jalurnya dengan mengikuti semut yang sedang mencari makan, lalu bersihkan dengan air sabun atau pembersih jendela.

3. Tutup titik akses semut

Caram mengatasi semut tidak masuk ke rumah adalah dengan melihat tempat semut keluar masuk ke dalam rumah, ini menjadi hal yang tak begitu sulit. Jika ini terjadi, pastikan menutup lubang-lubang ini dengan rapat.

Awalnya memang tidak mudah karena semut-semut akan terus mencari lubang-lubang alternatif. Tapi jika terus melakukannya, maka akan berhasil menutup semua titik akses semut.

Selain itu, periksa retakan-retakan lantai, pelat-pelat saklar, dan lis yang bisa menjadi titik masuk semut.

4. Menjaga kebersihan semak

Untuk membersihkan kawanan semut dari semak, maka cara mengusir semut ini harus dengan menghilangkan peternakan kutu semut dengan cukup menyemprotkan tanaman yang terkena penyakit dengan semburan air dari selang.

Semut bergerak perlahan tapi berkembang biak dengan cepat, sehingga harus melakukannya sampai tanaman bersih dari kutu daun.

Perlu digarisbawahi, terkait cara mengusir semut dari rumah, jika tidak ada sesuatu yang bisa dimakan, maka tidak ada alasan bagi semut berkeliaran di sekitar rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Mengusir #Semut #dari #Rumah #Apa #Saja #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts