Penyebab Penebalan Dinding Rahim yang Normal dan Tidak Normal

  • Whatsapp

KOMPAS.com –┬áDinding rahim adalah organ yang ukuran dan ketebalannya terus berubah selama seorang wanita dalam usia subur. Hal ini merupakan bagian normal dari siklus menstruasi. Namun, ada beberapa kondisi penebalan dinding rahim yang abnormal.

Read More

Dinding rahim normal untuk menebal setiap siklus menstruasi, tepatnya sebelum ovulasi sampai sebelum menstruasi. Ini merupakan respons tubuh atas meningkatnya hormon estrogen dan progesteron. Penebalan rahim normal ini berfungsi untuk menyiapkan rahim untuk kehamilan.

Ukuran dinding rahim paling tebal adalah 5 sampai 7 milimeter. Sebagai perbandingan, dinding rahim paling tipis terjadi saat menstruasi dengan ketebalan 2 sampai 4 milimeter saja.

Jika tidak ada embrio yang tertanam pada dinding rahim, hormon estrogen dan progesteron akan menurun dan menyebabkan dinding rahim luruh. Peristiwa ini disebut dengan menstruasi.

Dilansir dari Medical News Today, terdapat beberapa kondisi abnormal yang menyebabkan dinding rahim menebal sebagai berikut:

Hiperplasia endometrium merupakan salah satu kondisi yang perlu mendapatkan perhatian. Kondisi ini disebabkan karena tingginya hormon estrogen namun hormon progesteron sangat rendah.

Ketidakseimbangan hormon tersebut membuat rahim terus menebal walaupun tidak terjadi kehamilan. Pemicu terjadinya hormon tidak seimbang ini antara lain kondisi seperti menopause atau menjelang menopause, polycystic ovary syndrome (PCOS), dan konsumsi obat yang mengandung estrogen.

Kondisi ini memang tidak berbahaya namun bisa memicu kanker. Oleh karena itu penting untuk mendapatkan diagnosa dini untuk menentukan perawatan yang tepat untuk Anda.

Gejala penebalan dinding rahim

Dilansir dari Healthline, berikut adalah gejala penebalan rahim yang abnormal:

  • Menstruasi Anda terjadi lebih lama dengan volume darah yang lebih banyak
  • Jarak antara hari pertama menstruasi dengan hari pertama siklus berikutnya kurang dari 21 hari
  • Mengalami perdarahan seperti menstruasi setelah mengalami menopause

Jika Anda mengalami gejala tersebut, bisa jadi Anda mengalami penebalan rahim yang tidak normal. Segera hubungi dokter untuk memeriksa kondisi Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Penyebab #Penebalan #Dinding #Rahim #yang #Normal #dan #Tidak #Normal #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts