Simak, Ini 3 Bahan Herbal yang Dapat Meningkatkan Imunitas Anak

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Bahan herbal dapat berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas, baik dewasa dan anak-anak.

Read More

Sistem imun merupakan semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya, baik yang berasal dari luar tubuh maupun dalam tubuh sendiri.

Imunomodulator merupakan zat yang dapat memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan seperti mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

“Dengan mengonsumsi imunomodulator, maka akan mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si dalam acara peluncuran Imugard Junior yang diadakan PT Deltomed Laboratories Tbk, Senin (18/4/2022).

Inggrid menambahkan, imunomodulator herbal berperan meningkatkan daya tahan tubuh yang berdampak pada percepatan pemulihan dari infeksi dan menurunkan kerentanan terhadap infeksi, yang pada akhirnya mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Terdapat bermacam-macam herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh anak maupun dewasa seperti meniran, daun kelor, dan kunyit.

“Meniran, daun kelor, kunyit, dan madu merupakan herbal dari Indonesia yang aman untuk dikonsumsi anak-anak,” jelas dia.

Ia menjelaskan, salah satu kandungan dalam meniran mampu menghancurkan bakteri dengan proses fagositosis.

“Meniran cukup terkenal sebagai tanaman herbal yang ampuh untuk membantu memelihara daya tahan tubuh,” kata Inggrid.

Adapun daun kelor, kaya akan nutrisi sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak, sedangkan kunyit ampuh memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Meniran atau Phyllanthus niruri bersifat imunostimulasi, yang bermanfaat mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air.

Komponen catechin dan quercetin dalam meniran juga dapat menghambat proes peradangan yang berlebihan dan berfungsi sebagai imunomodulator pada Covid-19.

Inggrid menyebutkan, meniran aman untuk digunakan atau dikonsumsi jangka panjang.

 

Herbal dengan nama latin Curcuma longa atau Curcuma domestica ini bersifat imunostimulais dan anti radang.

Kunyit dapat memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan, dan mengandung curcumin atau zat aktif utama. Kunyit merupakan imunomodulator dengan khasiat antiperadangan.

Pemberian ekstrak kunyit pada anak-anak dan remaja dengan asma menunjukkan manfaatnya dalam pengontrolan penyakit yang lebih baik setelah tiga bulan mengonsumsi.

Adapun kunyit juga aman untuk pemangkaian jangka panjang.

Daun kelor atau bernama latin Moringa oleifera bersifat imunostimulasi. Pengonsumsian daun kelor dalam jangka panjang tidak berbahaya.

Sumber nutrisi yang terkandung di dalamnya meliputi kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat, dan biotin.

Inggrid menyampaikan, ketiga bahan herbal tersebut dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek modulasi respons imun yang lebih optimal dengan tetap mengutamakan pertimbangan keamanan jangka panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Simak #Ini #Bahan #Herbal #yang #Dapat #Meningkatkan #Imunitas #Anak #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts