Kenapa Daging Olahan Tidak Sehat untuk Manusia?

  • Whatsapp

KOMPAS.com –¬†Memasak di rumah akhir-akhir ini menjadi hal yang mudah karena tersedianya berbagai jenis daging olahan. Hanya dengan memasaknya sedikit atau menghangatkannya, maka hidangan lezat tersedia di meja Anda.

Read More

Namun, di balik kemudahan mengolah daging tersebut, tersimpan dampak negatif untuk tubuh Anda. Tahukah Anda kenapa daging olahan tidak sehat?

Ragam daging olahan

Dilansir dari WebMD, tidak ada definisi yang jelas mengenai daging olahan. Semua daging yang telah mengalami proses pengasapan, diberi garam, atau diberi zat pengawet, maka ini sudah dikategorikan sebagai daging olahan. Contohnya, sosis, daging asap, daging kalengan, daging yang dikeringkan, dan olahan lainnya.

Orang yang banyak mengonsumsi daging olahan seperti ini cenderung mengalami penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan garam, lemak, dan zat pengawet yang terkandung di dalamnya.

Orang yang mengonsumsi daging olahan memiliki pola hidup tidak sehat

Dilansir dari Healthline, orang yang banyak mengonsumsi daging olahan paling banyak dilakukan oleh orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat. Kelompok orang ini biasanya kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Selain itu, orang yang mengonsumsi banyak produk olahan juga cenderung banyak yang merokok dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi daging olahan. Inilah sebabnya daging olahan dan gaya hidup tidak sehat tersebut terakumulasi dan menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Hal ini didukung dengan berbagai penelitian yang menemukan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi daging olahan dengan berbagai penyakit kronis.

Berapa banyak daging olahan yang aman dikonsumsi?

Dilansir dari Harvard School of Public Health, belum ada ukuran pasti takaran daging olahan yang aman untuk dikonsumsi tanpa memberikan efek buruk pada tubuh. Namun, bukti yang sudah ada menunjukkan bahwa semakin tinggi konsumsi daging olahan maka akan semakin tinggi juga risiko terkena penyakit kronis.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kenapa #Daging #Olahan #Tidak #Sehat #untuk #Manusia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts