6 Penyebab Keguguran yang Sering Tidak Disadari Ibu Hamil

  • Whatsapp

KOMPAS.com –┬áKeguguran adalah hal yang paling menyedihkan bagi ibu hamil. Banyak hal yang bisa menyebabkan keguguran. Sebagian diantaranya tidak disadari oleh ibu hamil.

Read More

Kondisi yang paling banyak terjadi adalah keguguran di trimester awal. Jika keguguran terjadi di trimester awal kehamilan, biasanya masalah terletak di janin akibat adanya kelainan janin. Sebanyak 3 dari 4 keguguran terjadi pada periode ini.

Jika kehamilan terjadi pada trimester kedua, penyebab paling umum adalah gangguan kesehatan pada ibu hamil. Sedangkan keguguran pada trimester ketiga didominasi infeksi pada janin.

Dilansir dari WebMD, terdapat 6 penyebab keguguran yang paling banyak terjadi. Berikut daftarnya:

1. Kelainan kromosom

Lebih dari setengah total kasus keguguran yang terjadi sebelum janin berusia 12 minggu disebabkan karena terdapat kelainan kromosom. Kelainan kromosom bisa menyebabkan beberapa kondisi, yaitu embrio tidak berkembang atau berkembang namun berhenti.

Kelainan kromosom ini tidak bisa dicegah dan tidak dipahami sepenuhnya penyebab terjadinya. Namun, para ahli meyakini bahwa ibu hamil dengan usia lebih dari 35 tahun berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kromosom pada janinnya.

2. Kondisi medis

Kondisi kesehatan ibu sangat berpengaruh pada janin. Beberapa kondisi yang perlu menjadi perhatian jika hamil antara lain:

  • Infeksi, seperti rubela
  • Penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes
  • Penyakit autoimun dan kelenjar tiroid
  • Kelainan rahim
  • Penyakit penular seksual, seperti klamidia, gonore, dan sifilis
  • Gangguan pembekuan darah

3. Gaya hidup

Gaya hidup tidak sehat juga bisa meningkatkan risiko keguguran. Contoh gaya hidup yang harus dihindari saat hamil adalah merokok dan minum minuman beralkohol.

4. Terpapar racun dari lingkungan

Banyak bahan kimia yang berbahaya bagi janin dan ibu hamil yang harus dihindari ibu hamil. Contohnya pelarut dalam penghapus cat atau thinner, merkuri, pestisida, atau obat nyamuk.

5. Obat-obatan

Banyak obat-obatan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter jika ada obat yang harus Anda konsumsi. Obat-obatan yang berbahaya bisa menyebabkan cacat pada bayi hingga keguguran.

6. Keracunan makanan

Keracunan makanan erat hubungannya dengan infeksi. Biasanya keracunan makanan muncul akibat makan makanan yang mentah atau setengah matang, seperti steik, sate, atau sushi.
Selain penyebab di atas, kondisi setiap ibu hamil berbeda dan mungkin membutuhkan perhatian khusus untuk mencegah keguguran. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai kondisi tubuh Anda selama kehamilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Penyebab #Keguguran #yang #Sering #Tidak #Disadari #Ibu #Hamil #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts