Kemenkes Kampanyekan Waktu Indonesia Gargle, Apa Tujuannya?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kementerian Kesehatan RI, Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (Perhati-KL) bersama mitra strategis PT Mundipharma Healthcare Indonesia (Mundipharma) meluncurkan kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’.

Read More

Peluncuran kampanye nasional Waktu Indonesia Gargle ini dilaksanakan dalam rangka menyambut World Oral Health Day yang diperingati pada 20 Maret 2022.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan RI, Dr drh Didik Budijanto, M.Kes mengatakan, kampanye ini bertujuan memperkenalkan gargle yang bermanfaat untuk meningkatkan kebersihan rongga mulut dan ber-gargle dengan Povidone-Iodine (PVP-I), sebagai perlindungan ekstra untuk pencegahan infeksi Covid-19.

Gargle adalah tindakan berkumur di pangkal tenggorok, yang merupakan cara untuk membersihkan kuman yang sudah masuk dari saluran pernafasan atas dan bersarang di tenggorok.

Gargle juga merupakan salah satu dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan.

Dalam kondisi pandemi saat ini, kata Didik, PHBS juga dapat diimplementasikan dengan melakukan gargle secara rutin.

“Kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’ yang merupakan kolaborasi pemerintah, organisasi profesi, dan pihak swasta, penting untuk dilakukan sesuai ketentuan,” kata Didik dalam diskusi daring.

“Agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan saluran pernapasan bagian atas dan menjadikan ber-gargle atau berkumur sebagai bagian dari PHBS,” lanjutnya.

Hal ini pun ditambahkan oleh Ketua PP Perhati-KL, Prof. Dr. dr. Jenny Bashiruddin, Sp.T.H.T.K.L.(K) dalam kesempatan yang sama.

Jenny menegaskan, bahwa gargle menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan dan seharusnya sudah jadi bagian dari perilaku sehari-hari.

 

Metode gargle ini disebutkan bermanfaat untuk penurunan odds ratio demam pada anak, penurunan insidensi ISPA, hingga terbukti mencegah infeksi saluran napas atas akut dari berbagai serangan patogen termasuk bakteria, virus dan lain sebagainya.

“Apalagi, di masa new normal saat ini, kebersihan saluran pernapasan khususnya bagian atas seperti hidung, mulut, dan tenggorok sangatlah penting untuk mencegah infeksi virus Covid-19,” jelasnya.

Lebih lanjut Jenny mengatakan, kampanye nasional Waktu Indonesia Gargle merupakan upaya untuk menjangkau masyarakat lebih luas, dalam menyebarkan informasi seputar cara ber-gargle hingga pemilihan cairan gargle yang tepat untuk perlindungan ekstra pada saluran pernapasan atas.

“Perhati-KL bangga dapat menjadi bagian dari kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’ dan berharap masyarakat semakin memahami kebaikan rutin ber-gargle sebagai kebiasaan kecil yang merupakan investasi besar bagi kesehatan sehari-hari,” ucapnya.

Sementara itu, Head of Marketing PT Mundipharma Healthcare Indonesia, Adi Prabowo yang juga terlibat dalam kampanye Waktu Indonesia Gargle menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk peningkatan upaya promotif dan preventif dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat.

Sebab, kampanye ini dilaksanakan bersamaan dengan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat dari Kementerian Kesehatan untuk periode Desember 2021- Desember 2022.

“Melalui kampanye ini, kami berharap masyarakat Indonesia dapat melakukan gargle dengan baik dan benar agar memperoleh manfaat yang optimal,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kemenkes #Kampanyekan #Waktu #Indonesia #Gargle #Apa #Tujuannya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts