Bagaimana Cara Menjaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi Covid-19? Ini Saran Dokter

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19, kita perlu tetap disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta melakukan vaksinasi.

Read More

Selain itu, meningkatkan imunitas tubuh juga penting dilakukan sebagai upaya untuk mencegah virus corona.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM., menjelaskan bahwa sistem imun didesain untuk mengenal dan menghancurkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia, termasuk bakteri maupun virus.

“Sistem imunitas merupakan proses yang kompleks dalam tubuh kita sampai tingkat sel. Untuk menunjang kerja sistem imunitas tubuh diperlukan kualitas kesehatan yang baik termasuk dari nutrisi,” papar Marya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/3/2022).

Oleh karenanya, ia mengingatkan masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap optimal, guna mencegah risiko berbagai macam penularan penyakit, termasuk Covid-19.

Cara meningkatkan imunitas tubuh

Pada peluncuran produk Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X, dr Marya membeberkan sejumlah cara untuk meningkatkan imun tubuh dengan menjalani gaya hidup sehat, serta mengonsumsi asupan nutrisi alami.

Asupan nutrsi dari makanan pun dilengkapi dengan makronutrisi dan mikronitrisi yang meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, zinc, dan mineral. Di samping itu, kita juga membutuhkan serat dan cairan yang cukup.

“Beberapa sumber asupan kita sehari-hari bisa melengkapi kebutuhan ini seperti yang terkandung dalam susu. Susu merupakan salah satu sumber protein yang baik yang bisa memaksimalkan kerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi,” ungkap Marya.

Susu, kata dia, mengandung zinc atau seng yang dapat mendukung respons sistem imun tubuh dalam melawan virus atau bakteri, ataupun mengurangi risiko terjadinya infeksi.

Senada dengannya, Scientific and Nutrition Fonterra Brands Indonesia Haryadi Raharjo, mengatakan bahwa susu memiliki nutrisi lengkap yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dan membantu sistem imun berfungsi dengan baik.

“Kandungn ZEnC (zinc, vitamin E dan C) sangat berpengaruh terhadap fungsi normal sistem imun tubuh dalam mencegah ataupun membantu penyembuhan terhadap penyakit menular (infeksi virus dan bakteri patogen), dan tidak menular (diabetes, darah tinggi, osteoporosis, osteoarthritis) serta mempercepat pemulihan,” jelasnya.

 

Di dalamnya terkandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin B12, vitamin D, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C yang berfungsi untuk mengoptimalkan imunitas tubuh, di tengah penularan virus corona yang tinggi.

“Asupan nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga sistem imun, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan,” imbuhnya.

Tak hanya sampai di situ, kita juga dapat melakukan pola makan sehat dengan mengatur asupan garam, gula, dan minyak yang dikonsumsi sehari-hari.

 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun telah menetapkan anjuran konsumsi gula seseorang per hari sebanyak 4 sendok makan per hari.

Sementara, anjuran konsumsi garam ialah 1 sendok teh per hari. Selanjutnya, untuk anjuran konsumsi lemak sebanyak 5 sendok makan per harinya.

Di sisi lain, rutin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga menurut Marya penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, termasuk infeksi Covid-19.

Namun demikian, sebelum berolahraga Anda perlu berkonsultasi dengan dokter yang menangani bila ada kondisi penyakit berat.

Dia menyarankan agar olahraga dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali seminggu selama 30 menit per hari.

“Secara keseluruhan, lakukan olahraga 30 menit setiap hari. Jangan lupa minum (sebelum, selama, dan setelah olahraga). Jangan lupa pemanasan dan pendinginan 5 sampai 10 menit,” ucap Marya.

6 Resep Ramuan Jamu untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh Saat Pandemi Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Bagaimana #Cara #Menjaga #Imunitas #Tubuh #Selama #Pandemi #Covid19 #Ini #Saran #Dokter #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts