Ekosistem Air Tawar, Jenis, Komponen, Beserta Contohnya

  • Whatsapp

KOMPAS.com –¬†Ekosistem air tawar adalah satu kesatuan dari komunitas dengan lingkungan air tawar serta interaksi di dalamnya. Cabang ilmu biologi mempelajari interaksi dalam ekosistem dinamakan ekologi.

Read More

Ekosistem air tawar merupakan ekosistem yang terdapat pada air tawar yang kaya mineral dengan pH air sekitar 6. Ekosistem ini bisa berubah-ubah karena biasanya habitat air tawar bisa mengering ketika musim panas berlangsung.

Ekosistem air tawar sangat sedikit jika dibandingkan dengan ekosistem lainnya yaitu ekosistem darat atau ekosistem air laut. Walaupun begitu, ekosistem satu ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satu manfaatnya adalah sebagai sumber air untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan rumah tangga, ataupun keperluan lainnya seperti irigasi pertanian.

Ekosistem air tawar terbagi menjadi dua macam, yaitu perairan mengalir dan perairan menggenang. Perairan mengalir disebut juga dengan lotik, sedangkan perairan menggenang disebut dengan lentik.

Contoh habitat perairan lotik adalah sungai. Sedangkan contoh perairan lentik adalah danau, waduk, rawa, dan kolam.

Komponen ekosistem air tawar

Ekosistem air tawar terdiri dari dua komponen, yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Sedangkan komponen abiotik adalah lingkungannya.

Sedangkan contoh komponen biotik air tawar bervariasi dari mulai tumbuhan air, biota air, hingga pengurai. Salah satu komponen biotik yang penting adalah plankton. Plankton adalah mikroorganisme yang melayang hidup di perairan dan hidup terbawa arus.

Terdapat dua jenis plankton di perairan, yaitu zooplakton (plankton hewani) dan fitoplankton (plankton nabati). Fitoplankton adalah makanan bagi zooplankton dan ikan-ikan kecil.

Keberadaan fitoplankton menjadi indikator kualitas ekosistem air tawar. Jika terdapat banyak fitoplankton di air tawar, maka kualitas airnya baik. Begitu juga sebaliknya, jika hanya sedikit fitoplankton, berarti kualitas airnya rendah.

Contoh ekosistem air tawar

Dalam suatu kolam, terdapat sekelompok organisme yang terdiri dari ikan mas, hydrilla, dan mikroorganisme dengan air yang keruh. Tingkatan organisme kehidupan tersebut termasuk ekosistem. Ini merupakan salah satu contoh ekosistem air tawar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Ekosistem #Air #Tawar #Jenis #Komponen #Beserta #Contohnya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts