Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Sinusitis, Begini Penjelasannya

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pernah memiliki masalah dengan sinusitis dan gigi? Tahukah Anda bahwa sakit gigi bisa menyebabkan sinusitis?

Read More

Sakit gigi bisa menyebabkan sinusitis

Dilansir dari Medical News Today, infeksi gigi bisa menyebabkan infeksi sinus. Sebuah penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa sekitar 40 persen infeksi sinus maksilaris kronis terjadi akibat infeksi gigi.

Sinus maksilaris adalah rongga sinus terbesar yang letaknya berada di bawah mata Anda dan di atas gigi geraham rahang atas Anda. Sinus merupakan beberapa pasang ruang kosong yang terhubung ke rongga hidung.

Akar gigi geraham rahang atas umumnya berada sangat dekat dengan dasar sinus maksilaris. Bahkan, pada beberapa kasus, ada yang akar giginya menyatu dengan dasar sinus.

Posisi anatomis tersebutlah yang menyebabkan infeksi gigi yang meluas hingga ke akar bisa menyebabkan sinusitis. Begitu juga sebaliknya, radang yang terjadi pada sinus akan menyebabkan sakit pada gigi di bawahnya.

Tanda sinusitis berkaitan dengan sakit gigi

Cara paling pasti untuk melihat bahwa keduanya saling berhubungan adalah dengan melakukan beberapa tes, seperti foto rontgen. Namun, ada beberapa tanda yang bisa Anda rasakan untuk memastikan apakah sinusitis Anda berkaitan dengan sakit gigi.

  • Gangguan indra penciuman, biasanya pasien merasa bau busuk pada hidungnya
  • Pilek satu sisi
  • Wajah bengkak satu sisi
  • Gigi terasa sakit saat makan
  • Gusi bengkak di sekitar gigi yang bermasalah
  • Pada kasus yang parah, cairan bisa saling menembus dari mulut ke hidung ataupun dari hidung ke mulut

Perawatan

Perawatan pada sumber penyakit harus segera dilakukan. Jika fokus infeksi telah ditangani, maka sinus akan kembali baik. Sebaliknya, jika gigi tidak ditangani dengan tepat, maka sinus akan mengalami infeksi berulang.

Perawatan pada gigi akan dilakukan dengan perawatan saluran akar. Perawatan ini harus dilakukan dengan berhati-hati dan dilengkapi dengan foto rontgen yang memadai untuk memastikan lubang gigi menuju sinus tertutup dengan baik.

Tidak hanya itu, perawatan juga harus dilengkapi dengan antibiotik dan obat-obatan penunjang untuk bagian hidung dan sinusnya, seperti obat dekongestan dan steroid.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Sakit #Gigi #Bisa #Menyebabkan #Sinusitis #Begini #Penjelasannya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts