Pengertian Enzim Lipase dan Cara Kerjanya

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Lipase adalah enzim yang memecah lemak menjadi gliserol selama pencernaan. 

Read More

Lipase termasuk salah satu dari kelompok enzim pemecah lemak yang ditemukan dalam darah, cairan lambung, sekresi pankreas, cairan usus, dan jaringan adiposa.

Sebagaimana yang telah disebutkan, lipase menghidrolisis trigliserida (lemak) menjadi komponen asam lemak dan molekul gliserol.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pencernaan be lipase awal terjadi di lumen (bagian dalam) usus halus.

Garam empedu mengurangi tegangan permukaan dari lemak tetesan sehingga lipase dapat memecah molekul trigliserida.

Molekul asam lemak dan gliserol kemudian dibawa ke dalam sel epitel yang melapisi dinding usus untuk disintesis ulang menjadi trigliserida dan diangkut ke otot serta jaringan adiposa . 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tempat-tempat ini, enzim lipase dalam aliran darah menghidrolisis trigliserida dan asam lemak. Kemudian, gliserol yang dihasilkan diambil oleh sel-sel jaringan ini.

Dalam jaringan adiposa, trigliserida dibentuk kembali untuk disimpan sampai kebutuhan energi meningkat dalam. 

Lipase dalam sel jaringan adiposa memecah trigliserida sehingga asam lemak dapat masuk kembali ke aliran darah untuk diangkut ke jaringan yang membutuhkan energi.

Selain enzim lipase, proses pencernaan juga melibatkan enzim pepsin untuk mengubah protein menjadi asam amino, enzim renin untuk mengubah protein menjadi kasein, dan juga HCl (asam klorida) untuk memecah protein serta melawan virus dan bakteri yang masuk melalui sistem pencernaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pengertian #Enzim #Lipase #dan #Cara #Kerjanya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts