Siklus Hidup Lebah, Dari Telur Hingga Menjadi Lebah Dewasa

  • Whatsapp

KOMPAS.com –┬áSiklus hidup lebah adalah topik yang menarik untuk dibahas. Siklus hidup lebah dimulai ketika lebah ratu kawin dengan lebah jantan.

Read More

Macam-macam lebah

Sebelum mengetahui siklus hidup lebah, penting untuk mengetahui jenis-jenis lebah agar kita bisa mengetahui tugas masing-masing lebah. Terdapat tiga macam lebah, yaitu lebah ratu, lebah jantan, dan lebah pekerja.

Lebah ratu

Lebah ratu adalah lebah yang bertugas untuk bertelur dan mengatur koloni. Dalam satu koloni hanya terdapat satu ekor lebah ratu. Lebah ratu memiliki ukuran paling besar di antara lebah jenis lainnya. Makan dan hidup lebah ratu diurus oleh lebah pekerja.

Lebah jantan

Lebah jantan memiliki tugas untuk mengawini lebah ratu kemudian mati. Lebah jantan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak memiliki sengat. Sama seperti lebah ratu, hidup dan makan lebah jantan diurus oleh lebah pekerja.

Lebah pekerja

Lebah pekerja adalah lebah yang jumlahnya paling banyak di suatu koloni. Lebah ini memiliki tugas untuk memberi makan lebah ratu dan larva, membuat sarang, mencari nektar dan memproduksi madu, dan mencari air. Dengan tugasnya yang sangat banyak ini, lebah pekerja memiliki tubuh yang paling kecil dan memiliki sengat. Namun, jika lebah menyengat, maka lebah tersebut akan mati.

Siklus hidup lebah

Siklus hidup lebah terdiri dari empat fase, yaitu telur, larva, pupa, dan lebah dewasa. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing siklus hidup lebah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Fase telur

Sebutir telur lebah berkembang menjadi macam-macam jenis lebah dalam waktu yang berbeda-beda. Telur menjadi lebah pekerja dewasa dalam waktu 18 sampai 22 hari. Sedangkan menjadi lebah ratu 16 hari dan lebah jantan 24 hari.

Telur lebah berukuran sebesar butiran beras. Dalam sekali bertelur, lebah ratu bisa menghasilkan 2.000 hingga 3.000 butir telur per hari.

Telur yang dibuahi akan menjadi lebah betina, bisa lebah pekerja atau lebah ratu. Sedangkan telur yang tidak dibuahi akan menjadi lebah jantan.

2. Fase larva

Setelah 3 hari sejak telur dihasilkan oleh lebah ratu, telur akan berubah menjadi larva. Larva lebah tidak memiliki kaki dan mata. Larva akan diberi makan oleh lebah pekerja selama 3 sampai 4 hari.

Khusus larva lebah ratu hanya akan diberi makan royal jelly selama hidupnya. Royal jelly adalah zat yang diproduksi dari kelenjar di kepala dan kelenjar ludah lebah. Royal jelly diproduksi oleh lebah pekerja muda yang berusia 5 sampai 14 hari.

Setelah 6 hari, larva akan memproduksi selapis kulit di luar tubuhnya dan selnya akan ditutupi oleh lebah pekerja dengan wax. Selanjutnya, larva berubah menjadi pupa.

3. Fase pupa

Fase ini sama seperti fase kepompong pada hewan dengan metamorfosis sempurna lainnya, seperti kupu-kupu. Pada fase ini terjadi pembentukan tubuh lebah, lengkap dengan kepala dan sayapnya.

4. Fase lebah dewasa

Setelah menjadi pupa selama setidaknya 12 hari, pengeraman selesai. Lebah pekerja muda akan muncul dan menggerogoti sarang lebah agar lebah dewasa bisa muncul dan mulai bekerja menjalankan tugasnya masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Siklus #Hidup #Lebah #Dari #Telur #Hingga #Menjadi #Lebah #Dewasa #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts