7 Alasan Pentingnya Hutan dalam Kehidupan Manusia

  • Whatsapp

KOMPAS.com –┬áHutan adalah salah satu ekosistem yang penting yang ada di Bumi. Keberadaan hutan ternyata memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Read More

Kita perlu mengetahui pentingnya hutan dalam kehidupan manusia, agar mampu menjaga hutan yang luasnya terus menurun akibat laju deforestasi yang tinggi. Berikut adalah manfaat hutan untuk manusia.

Hutan adalah paru-paru dunia. Area ini dipenuhi oleh berbagai tumbuhan sehingga mampu menyerap banyak karbon dioksida, serta memproduksi oksigen. Oksigen diperlukan oleh manusia dan hewan untuk bernapas. Atas dasar inilah hutan mendapat julukan paru-paru dunia.

Selain itu, hutan menjadi tempat terserapnya karbon dioksida ke dalam kayu, daun, dan tanah. Hal ini membantu mengurangi emisi karbon di lapisan ozon, yang menjadi penyebab pemanasan global. Proses tersebut akan membantu Bumi menjaga suhunya agar tetap sejuk bagi manusia.

2. Habitat untuk berbagai hewan dan tumbuhan

Hutan merupakan habitat bagi lebih dari 80 persen hewan dan tumbuhan di seluruh dunia. Untuk melestarikan berbagai tumbuhan dan hewan, kita harus merawat kelestarian habitat tersebut. Selain itu, hutan juga menjadi tempat tinggal jutaan manusia yang tinggal di pedalaman hutan.

3. Menjadi sumber makanan dan obat-obatan

Tumbuhan dan hewan yang hidup di hutan dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan dan obat-obatan. Namun, hati-hati untuk tidak membuatnya punah. Untuk tumbuhan, penting untuk menanamnya kembali agar tetap lestari. Sedangkan untuk hewan, penting untuk mencegah perburuan liar karena bisa mengancam populasi hewan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Mencegah terjadinya bencana alam

Tumbuhan yang berada di hutan membuat tanah dipenuhi akar tumbuhan tersebut. Akar-akar ini mampu menahan air di dalam tanah. Hal ini akan mencegah bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. Oleh karena itu, penting untuk melakukan reboisasi atau penanaman kembali.

5. Lapangan pekerjaan

Hutan di Bumi memberikan lebih dari 13 juta lapangan pekerjaan bagi manusia. Pekerjaan tersebut adalah pekerjaan bagi para peneliti dan berbagai konservasi hutan, serta warga lokal yang memang tinggal di hutan.

6. Menjaga kualitas sumber air

Hutan merupakan tempat mata air berada. Dengan adanya berbagai tumbuhan di hutan, kualitas dan kebersihan air tetap terjaga. Air ini akan menjadi sumber air untuk minum dan berbagai kebutuhan manusia lainnya.

Salah satu keunikan yang mungkin belum diketahui banyak orang adalah hutan mampu mengurangi polusi suara. Suara yang masuk ke dalam hutan akan berkurang 5 sampai 10 desibel atau setara dengan 50 persen suara yang di dengar oleh manusia.

Hal ini disebabkan karena suara gemerisik dedaunan dan white noise yang muncul di hutan, seperti suara kicauan burung atau suara lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Alasan #Pentingnya #Hutan #dalam #Kehidupan #Manusia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts