Macam-Macam Ikan Arwana yang Bisa Ditemukan di Indonesia

  • Whatsapp

KOMPAS.com –┬áIkan arwana adalah ikan peliharaan akuarium termahal di dunia. Bahkan, pernah ada seekor ikan arwana yang terjual dengan harga 4,2 Milyar di China.

Read More

Ikan arwana adalah ikan air tawar yang berasal dari Asia Tenggara. Ikan ini bisa tumbuh hingga panjang 0,9 meter. Ciri khasnya adalah sisiknya yang berkilau seperti logam dan sungut yang menjuntai dari dagunya. Ikan ini diyakini melambangkan keberuntungan dan kemakmuran.

Ikan arwana adalah ikan predator yang merupakan kerabat dekat Arapaima gigas. Walaupun begitu, ikan ini tetap dicari karena keindahannya. Terdapat beberapa jenis ikan arwana yang diperjualbelikan di Indonesia. Berikut beberapa jenis ikan arwana di Indonesia.

Arwana super red

Ikan arwana merah ini disebut-sebut sebagai ikan arwana paling cantik dan paling mahal. Ikan arwana super red berasal dari Sungai Kapuas dan Danau Setarum di Provinsi Kalimantan Barat.

Ikan ini memiliki ciri khas warna merah yang menutupi sirip, bibir, dan sungut. Setelah berusia 3 tahun, warna merahnya semakin nyata dan menyeluruh, seperti pada bagian tutup insang dan pinggiran sisik. Jika dirawat dengan baik, arwana merah bisa hidup hingga 20 tahun.

Sayangnya, karena tingginya permintaan pasar, populasi ikan ini semakin menurun. Menurut IUCN Red List, ikan arwana super red termasuk dalam kategori terancam punah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arwana golden

Arwana golden adalah varietas yang banyak ditemui tidak hanya di Indonesia, namun juga Malaysia. Arwana golden dewasa memiliki warna emas penuh pada badan dan punggungnya. Ikan ini memiliki beberapa kelas berdasarkan warna dasar sisiknya. Ada yang berwarna dasar ungu, biru, perak, dan emas.

Arwana golden red

Sebenarnya ini masih varietas yang sama dengan arwana golden. Namun, arwana golden red memiliki warna yang sedikit berbeda dengan arwana golden. Khusus arwana jenis ini, warna emasnya tidak melewati punggung. Punggungnya akan terlihat berwarna kelabu atau hitam Tipe ini sering juga disebut dengan arwana golden Indonesia.

Arwana hijau

Arwana hijau adalah salah satu arwana yang bisa ditemukan di Indonesia, namun sangat jarang. Ikan ini juga ditemukan di Thailand, Myanmar, Kamboja, dan Malaysia. Arwana hijau terlihat seperti berwarna perak. Namun ketika sudah terkena cahaya, maka akan terlihat warna hijaunya yang menawan.

Ikan ini sangat sulit dirawat. Ikan ini sangat pemilih dalam makan dan mudah terpengaruh suasana hati. Untuk memeliharanya, Anda harus berkonsultasi dengan ahlinya agar ikan ini bisa bertahan hidup lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#MacamMacam #Ikan #Arwana #yang #Bisa #Ditemukan #Indonesia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts