Kelebihan Teknik Inseminasi Buatan dalam Dunia Peternakan

  • Whatsapp

KOMPAS.com –¬†Inseminasi buatan adalah salah satu teknik reproduksi buatan yang bisa digunakan pada hewan ternak. Inseminasi buatan merupakan proses yang banyak memberikan kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Read More

Inseminasi buatan adalah proses reproduksi dengan memasukkan semen beku yang telah dicairkan ke dalam saluran reproduksi betina. Semen beku dipilih dari ternak jantan yang unggul. Hal ini bertujuan untuk mengontrol dan meningkatkan mutu genetik hewan ternak.

Peternak bisa memilih pejantan yang sudah terseleksi. Maksudnya, pejantan yang terpilih adalah yang sehat tanpa cacat fisik, seperti cacat mata atau tanduk, kaki pincang, kuku abnormal, dan cacat fisik lainnya. Selain itu, pejantan juga memiliki kualitas semen yang baik dan sifat genetik yang baik.

Kelebihan teknik inseminasi buatan dalam dunia peternakan

Kelebihan pemanfaatan teknik reproduksi inseminasi buatan dalam dunia peternakan adalah sebagai berikut:

  • Menghemat biaya pemeliharaan ternak jantan
  • Memungkinkan melakukan perbaikan mutu ternak dengan cara seleksi pejantan unggul
  • Bisa mengatur jarak kelahiran ternak dengan baik
  • Mengoptimalkan semen dari pejantan yang memiliki genetik unggul. Dengan perkawinan alami, pejantan hanya bisa membuahi 50 sampai 70 ekor sapi betina dalam setahun. Namun, dengan inseminasi buatan, pejantan bisa membuahi 5.000 sampai 10.000 ekor betina dalam setahun.
  • Semen beku dari ternak jantan yang unggul bisa disimpan dalam waktu yang lama, bahkan walau ternak jantannya sudah mati
  • Menghindari kecelakaan yang sering terjadi ketika perkawinan karena fisik pejantan yang terlalu besar
  • Menghindari penyakit menular pada ternak akibat hubungan kelamin
  • Bisa digunakan pada betina yang berada dalam keadaan estrus dan berovulasi, namun tidak mau berdiri untuk dinaiki pejantan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

#Kelebihan #Teknik #Inseminasi #Buatan #dalam #Dunia #Peternakan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts