Laura Anna Keluhkan Asam Lambung Sebelum Meninggal, Bisakah GERD Sebabkan Kematian?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sebelum meninggal dunia, selebgram sekaligus model, Edelenyi Laura Anna dikabarkan mengeluhkan asam lambung saat di bawa ke rumah sakit, Rabu (15/12/2021).

Read More

Hal itu diampaikan asisten rumah tangga Laura Anna, Asmi, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (15/12/2021).

“(Meninggal) tadi, sekarang masih di rumah sakit,” kata Asmi saat ditemui di Puri Gading kawasan Bekasi, Jawa Barat.

“Tadi pagi ke rumah sakit, asam lambungnya naik,” tambah Asmi.

Namun, belum diketahui pasti penyebab meninggalnya Laura Anna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Laura Anna menjadi lumpuh akibat Spinal Cord Injury atau cedera saraf tulang belakang dan cervical vertebrae dislocation atau dislokasi tulang leher. Kondisi kelumpuhan itu terjadi akibat kecelakaan mobil bersama mantan kekasihnya, Gaga Muhammad, pada 2019 lalu.

Melihat kondisi asam lambung yang dialami oleh Laura Anna pagi saat ke rumah sakit sebelum dinyatakan meninggal dunia, mungkin timbul pertanyaan: apakah asam lambung bisa mengakibatkan seseorang meninggal dunia?

Menjawab persoalan itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam Sp.PD-KGEH, MMB berkata bahwa penyakit asam lambung tidak menyebabkan kematian.

“GERD tidak menyebabkan kematian dan GERD bisa disembuhkan,” kata Ari kepada Kompas.com, Rabu (15/12/2021).

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Asam lambung naik atau penyakit asam lambung ini bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Penyakit GERD atau asam lambung merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang memengaruhi cincin otot katup antara kerongkongan dan perut.

Ari menjelaskan, GERD sebenarnya termasuk penyakit kronis dan jika penyakit berlanjut, memang bisa menyebabkan gangguan pada paru-paru.

“Tetapi, GERD sendiri tidak bisa menyebabkan langsung terjadinya kematian,” jelasnya.

Meskipun tidak langsung bisa menyebabkan kematian, GERD memang dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Hal ini terjadi karena asam lambung atau isi lambung yang naik dapat menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan. Luka yang terjadi lantas bisa makin luas dan bisa menyebabkan penyempitan dari kerongkongan bawah.

Bahkan, tambah Ari, GERD dapat menyebabkan perubahan struktur dari dinding dalam kerongkongan yang menyebabkan terjadinya penyakit Barrett’s yang merupakan lesi pra kanker. 

Di luar saluran cerna, asam lambung yang tinggi dapat menyebar ke gigi (erosi dental), tenggorokan (faringitis kronis), sinus (sinusitis), pita suara (laringitis), saluran pernafasan bawah  (asma) bahkan sampai paru-paru (Fibrosis paru Idiopatik).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Laura #Anna #Keluhkan #Asam #Lambung #Sebelum #Meninggal #Bisakah #GERD #Sebabkan #Kematian #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts