Daftar Wilayah Waspada Hujan dan Gelombang Tinggi akibat Bibit Siklon Tropis 97W

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya bibit siklon tropis 97W yang terbentuk di Laut Cina Selatan bagian selatan.

Read More

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, berdasarkan hasil analisi dinamika atmosfer, bibit siklon tropis 97W ini terbentuk di posisi 5.1 Lu – 108.9 BT dengan tekanan terendah di pusatnya mencapai 1004 mb.

Adapun, bibit siklon tropis ini diketahui memiliki kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya sekitar 15 knot atau sekitar 27 km per jam.

Bibit siklon tropis 97W tumbuh di area tanggung jawab Regional Specialized Meteorological Centre (RSMC) Tokyo, sehingga otorisasi analisis dan penamaan sistem siklonnya dilakukan oleh RSMC Tokyo.

“Perkembangan 24 jam kedepan, Bibit Siklon 97W masih cukup persisten dengan probabilitas untuk menjadi sistem siklon tropis dalam periode 4 jam kedepan masih dalam kategori rendah,” kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/12/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan perkembangan terkini diketahui bahwa bibit siklon tropis 97W berdampak secara tidak langsung terhadap kondisi cuaca sebagai berikut.

1. Potensi hujan

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpeluang terjadi di wilayah berikut ini.

– Sulawesi Utara

– Maluku Utara

– Maluku

– Papua Barat 

– Papua

2. Potensi angin kencang

Selain hujan, potensi angin kecang akibat siklon tropis Rai ini berpeluang di wilayah berikut.

– Kepulauan Sangihe

– Talaud

– Maluku Utara

– Papua Barat bagian Utara

– Papua bagian Utara

– Kepulauan Riau

3. Gelombang tinggi

Peluang gelombang tinggi yang berpotensi terjadi dengan ketinggian laut mencapai 2.50-4.0 meter dapat terjadi di wilayah perairan berikut.

– Perairan Kepulauan Sangihe hingga Talaud

– Laut Maluku bagian Utara

– Perairan utara dan timur Kepulauan Halmahera

– Laut Halmahera

– Perairan utara Papuat Barat hingga Papua

– Samudera Pasifik utara Halmahera hingga Papua

– Perairan Kepulauan Anambas

– Laut Natuna

– Perairan Kepulauan Subi hingga Serasan

Sementara itu, untuk gelombang laut dengan ketinggian yang bisa mencapai 4.0 – 6.0 meter yang termasuk kategori sangat tinggi berpeluang terjadi di wilayah Laut Natuna Utara dan Perairan Utara Kepulauan Natuna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Daftar #Wilayah #Waspada #Hujan #dan #Gelombang #Tinggi #akibat #Bibit #Siklon #Tropis #97W #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts