Berlari 45 Km per Jam, Ini Salah Satu Dinosaurus Tercepat yang Diketahui

KOMPAS.com – Sekitar 100 juta tahun yang lalu, dinosaurus pemangsa sepanjang 5 meter berkeliaran di planet ini. Penelitian baru mengungkap dinosaurus tercepat yang bisa berlari dengan kecepatan 45 km per jam.

Dinosaurus tersebut diduga dari spesies Spinosaurus atau Carcharodontosaurus, yang diketahui mampu berlari dengan kecepatan hingga 45 km per jam saat berburu mangsa di wilayah yang sekarang disebut Spanyol utara.

Hal tersebut membuat hewan itu menjadi salah satu dinosaurus tercepat yang diketahui.

Mengutip New Scientist, Sabtu (11/12/2021) kesimpulan tersebut didapat peneliti usai menganalisis jejak fosil dinosaurus.

Jejak kaki dinosaurus berjari tiga ditemukan di situs La Rioja, Spanyol sekitar 35 tahun yang lalu.

Namun setelah dilakukan penggalian lebih lanjut di situs tersebut, peneliti mampu mengungkap lebih banyak jejak fosil dinosaurus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Total ada lima jejak kaki dinosaurus yang membentuk satu lintasan pendek, serta tujuh jejak kaki yang membentuk lintasan berbeda. Menunjukkan jejak kaki dinosaurus yang kemungkinan sedang berlari dengan kecepatan sangat cepat.

Jejak-jejak itu dibuat oleh dua dinosaurus berukuran sedang. Masing-masing setinggi sekitar 2 meter dan panjang 4 hingga 5 meter.

Kemungkinan keduanya merupakan keluarga Spinosaurus atau Carcharodontosaurus.

Untuk mengetahui pergerakan mereka, Angelica Torices dari University of La Rioja bersama rekan-rekannya menganalisis jejak kaki serta panjang langkahnya.

Mereka kemudian memasukkan informasi tersebut ke dalam persamaan yang sebelumnya ditunjukkan untuk menggambarkan hubungan antara panjang langkah dan kecepatan berbagai vertebrata yang berlari, salah satunya termasuk manusia.

Analisis terhadap fosil jejak kaki dinosaurus ini mengungkapkan bahwa dinosaurus itu termasuk salah satu dinosaurus yang tercepat yang pernah diketahui yang kemungkinan dapat berlari mengejar mangsanya dengan kecepatan hingga 45 km per jam.

SHUTTERSTOCK/Orla Ilustrasi dinosaurus karnivora, keluarga Tyrannosaurus rex (T-Rex), T.rex.

Hal tersebut terlihat dari lintasan pertama yang dibuat dinosaurus pertama yang bergerak hingga kecepatan 37 km per jam.

Sedangkan dinosaurus kedua bergerak hingga 45 km per jam dengan perubahan kecepatan yang tiba-tiba, menunjukkan bahwa ia beralih arah atau tiba-tiba dapat mengurangi kecepatannya sebelum berlari.

Dinosaurus tercepat yang diketahui saat ini sebagian besar berasal dari sekelompok hewan mirip burung unta yang disebut ornithomimid.

Diperkirakan hewan ini mampu berlari dengan kecepatan hingga 48 km per jam.

Lebih lanjut, temuan baru ini jarang terjadi sebab sebagian besar jejak fosil kaki dinosaurus biasanya berjalan daripada berlari.

“Temuan terbaru secara progresif mengubah citra dinosaurus dari sekedar pejalan kaki menjadi pelari yang sangat baik,” ungkap Torices.

Meski begitu, studi analisis fosil jejak kaki dinosaurus ini masih menyisakan kekurangan.

Sebab, persamaan yang digunakan untuk penelitian ini berdasarkan pada hewan yang masih hidup, sehingga ada kemungkinan beberapa tingkat perbedaan yang tak dapat ditangkap.

Sementara itu, dinosaurus diperkirakan mengejar mangsa seperti iguanodon, dinosaurus herbivora berparuh tanduk.

Studi yang mengungkapkan dinosaurus tercepat yang bisa berlari dengan kecepatan hingga 45 km per jam ini telah dipublikasikan di Scientiic Reports.

#Berlari #Jam #Ini #Salah #Satu #Dinosaurus #Tercepat #yang #Diketahui #Halaman