3 Jenis Teh yang Paling Sehat Menurut Sains

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Di awal sejarahnya, tanaman teh menjadi populer karena khasiat obatnya, sebagaimana yang dikatakan oleh Prof. Victor Henry Mair dari University of Pennsylvania, Philadelphia.

Read More

Varietas utama tanaman teh, Camellia sinensis sinensis dn Camellia sinensis assamica, bertanggung jawab atas sebagian besar teh yang populer, seperti teh hijau, teh hitam, dan teh oolong.

Ada banyak jenis teh dan masing-masing memiliki profil nutrisi serta menawarkan manfaat kesehatan yang beragam.

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah 3 jenis teh yang paling sehat menurut sains:

1. Teh hijau

Teh hijau banyak digemari karena khasiatnya yang melimpah. Beberapa penelitian telah mengonfirmasi beberapa manfaatnya sehingga menunjukkan bahwa teh hijau memang dapat melindungi kesehatan.

Peneliti dari University Hospital of Basel, Swiss, menemukan, orang sehat yang mengonsumsi minuman ringan yang mengandung 27,5 gram ekstrak teh hijau menunjukkan aktivitas yang lebih intens di area otak yang terkait dengan memori kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, peserta penelitian yang mengonsumsi ekstrak teh hijau memiliki konektivitas yang lebih baik antara lobus frontal dan parietal otak.

Dua wilayah tersebut terlibat dalam aspek pembelajaran, proses memori, dan pengambilan keputusan.

2. Teh melati

Apa yang disebut sebagai teh melati adalah minuman yang berbahan dasar teh hijau yang ditambahkan bunga melati untuk memperkaya rasa dan aroma.

Melati telah dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan fisik dan disebut-sebut mampu mengurangi dampak stres.

Prof. Eliezer Flescher dari Tel Aviv University, Israel, memperhatikan bahwa metil jasmonat, yang merupakan senyawa yang diperoleh dari asam jasmonic dalam melati, dapat menginduksi kematian sel kanker serviks.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Applied Physiology mengatakan, aroma teh melati dapat menenangkan saraf dan mengatur suasana hati menjadi lebih baik.

3. Teh rooibos

Teh rooibos atau teh redbush adalah salah satu teh yang paling sehat yang dibuat dari tanaman Aspalathus linearis dari Afrika Selatan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa efek antioksidan dalam teh rooibos mirip dengan, jika tidak sekuat, teh hijau.

Sebuah studi baru pada tikus menyarankan bahwa antioksidan dalam teh rooibos dapat melindungi hati dari stres oksidatif.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Jenis #Teh #yang #Paling #Sehat #Menurut #Sains #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts