BMKG: Malam Ini dan Besok, Gunung Semeru Masih Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), A. Fachri Radjab mengatakan, kondisi cuaca di Gunung Semeru hingga besok masih berpotensi hujan.

Read More

“Masih ada potensi hujan di daerah lereng (Gunung Semeru) ya, pada siang hingga sore hari besok,” kata Fachri dalam konferensi pers Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana, Minggu (5/12/2021).

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut juga masih berpeluang terjadi sejak malam ini.

Fachri berkata, peringatan tentang potensi hujan ringan hingga sedang dan lebat khususnya di siang hari ini menjadi sangat penting untuk teman-teman relawan dan personel TNI-Polri di lapangan nanti.

Sebab, potensi hujan lebat ini memungkinan daerah aliran lahar yang masih panas 3 hari ini akan diguyur atau disiram huja besok hari.

Oleh karena itu, Fachri mengingatkan agar semua pihak harus terus berkoordinasi untuk memitigasi kondisi buruk yang bisa terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitupun masyarakat di daerah rawan, diimbau untuk sebaiknya menjauhi kawasan radius aman minimal jarak 5 kilometer dari gunung dan mengungsilah ke tempat yang dinyatakan aman oleh BNPB.

Rekomendasi PVMBG KESDM

Berdasarkan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Gunung Semeru masih dalam status level II (Waspada).

Oleh sebab itu ada beberapa rekomendasi yang perlu diingat oleh masyarakat terkait erupsi Gunung Semeru ini.

Masyarakat, pengunjung, wisatawan tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara.

Serta, mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang aliran Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sarat. 

“Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya,” tulis PVMBG KESDM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#BMKG #Malam #Ini #dan #Besok #Gunung #Semeru #Masih #Berpotensi #Hujan #Sedang #hingga #Lebat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts