5 Bintang Paling Terang yang Menghiasi Langit Malam

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Beberapa bintang memiliki cahaya yang lebih terang daripada bintang lainnya.

Read More

Ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah jarak relatif bintang terhadap Bumi dan suhu bintang yang sangat panas.

Dari sekian banyaknya bintang di angkasa, beberapa di antaranya dinobatkan sebagai bintang yang memiliki cahaya paling terang.

Dilansir dari Edukasi Sains Antariksa, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), berikut adalah daftar 5 bintang paling terang yang menghiasi langit malam:

1. Sirius – Alfa Canis Mayoris

Sirius merupakan bintang paling terang di seluruh langit malam. Bintang ini merupakan bintang utama yang terletak di konstelasi Canis Mayor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sirius dianggap penting bagi peradaban Mesir Kuno dan Jazirah Arab pada umumnya, salah satunya karena digunakan sebagai penanda banjir tahunan.

Kecerlangan visual gabungan Sirius (Sirius A dan Sirius B) adalah sebesar -1,46. Sirius A tergolong kelas spektrum A1V yang menandakan bahwa bintang ini berada di deret utama, sedangkan Sirius B masuk dalam kelas spektrum DA2 yang berarti bahwa bintang ini adalah bintang katai putih.

Bintang Sirius berjarak 8,6 tahun cahaya dengan ukuran masing-masing (Sirius A dan B) sebesar 1,7 dan 1 per 100 20 kali Matahari.

2. Canopus – Alfa Carinae

Canopus adalah bintang paling terang kedua setelah Sirius. Bintang ini merupakan bintang utama yang berada di konstelasi Carina.

Kecerlangan visual Canopus adalah -0,74 dan termasuk dalam kelas spektrum A9II yang menandakan bintang ini tergolong bintang raksasa terang (kelas II) dengan tipe A9.

Bintang yang sangat terang ini berjarak 310 tahun cahaya dengan ukuran 71 kali lebih besar dari Matahari.

3. Alfa Centauri

Bintang paling terang ketiga setelah Canopus adalah Alfa Centauri. Pada dasarnya, Alfa Centauri adalah sistem bintang ganda.

Dua bintang tersebut adalah Rigil Kentaurus dengan kecerlangan visual +0,01 dan kelas spektrum G2V serta Toliman dengan kecerlangan visual +1,33 dan kelas spektrum K1V.

Bintang Alfa Centauri berjarak 4,4 tahun cahaya dengan ukuran masing-masing sebesar 1,22 dan 0,86 kali Matahari.

4. Arcturus – Alfa Bootis

Arcturus merupakan bintang paling terang keempat yang berada di konstelasi Bootes. Kecerlangan visual Arcturus adalah –o,05 dan termasuk dalam kelas spektrum K0III.

Arcturus adalah golongan bintang raksasa (kelas III) dan tipe K0. Jarak Arcturus adalah 37 tahun cahaya dengan ukuran 25 kali Matahari.

5. Vega – Alfa Lyrae

Selanjutnya, ada Bintang Vega yang merupakan bintang paling terang kelima. Bintang ini berada di konstelasi Lyra.

Kecerlangan visual Vega sebesar +0,03 dengan variasi antara -0,02 dan +0,07. Ia termasuk ke dalam kelas spektrum A0Va yang menandakan bahwa Vega tergolong ke dalam deret utama (Kelas V) dengan tipe A0. Bintang Vega berjarak 25 tahun cahaya dengan ukuran 2,4 kali Matahari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Bintang #Paling #Terang #yang #Menghiasi #Langit #Malam #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts