[POPULER SAINS] Parasit Krustasea Gantikan Lidah Ikan | Efektivitas Vaksin Covid-19 Turun Drastis Usai 6 Bulan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Salah satu berita paling banyak dibaca pada akhir pekan kemarin adalah tentang parasit krustasea yang memotong lidah ikan dan menggantikan posisi lidah tersebut.

Read More

Ini adalah fenomena aneh sekaligus mengerikan yang terjadi di alam.

Selain itu, studi terbaru yang mengungkap bahwa efektivitas vaksin Covid-19 menurun setelah 6 bulan juga menjadi berita populer lainnya.

5 hewan berusia terpanjang – salah satunya berusia 11.000 tahun -, hingga daftar danau terbesar di dunia pun menjadi berita populer lainnya.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Minggu (7/11/2021) hingga Senin (8/11/2021) pagi.

Parasit krustasea potong lidah ikan dan menggantikannya

Alam memiliki segudang peristiwa menakjubkan, termasuk hal mengerikan sekaligus aneh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini seperti yang dilihat petugas margasatwa di Texas, di mana mereka menemukan seekor ikan yang lidahnya tidak ada tapi digantikan parasit krustasea yang dikenal sebagai isopoda.

Isopoda tidak berbahaya bagi manusia dan biasanya tidak mematikan bagi inangnya, tetapi cara hidup mereka yang unik adalah contoh lain dari teror yang diciptakan melalui evolusi.

Isopoda yang paling terkenal adalah parasit ikan, termasuk pencuri lidah yang didokumentasikan petugas margasatwa Texas Parks and Wildlife di Galveston Island State Park bulan Oktober lalu.

Dalam postingan akun taman margasatwa di Facebook, mereka merinci temuan parasit di mulut ikan croaker Atlantik, yang dijuluki mereka sebagai “Mars.”

Selengkapnya baca di sini:

Efektivitas vaksin Covid-19 turun drastis setelah 6 bulan

Efektivitas vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Pfizer-BioNTech, Moderna, dan Johnson & Johnson disebut turun drastis ketika varian Delta melanda Amerika Serikat.

Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian terhadap hampir 800.000 veteran.

Melansir WebMD, Jumat (5/11/2021), penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Public Health Institute di Oakland, peneliti dari Veterans Affairs Medical Center di San Francisco, serta tim peneliti di University of Texas Health Science Center.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science tersebut menemukan, bahwa tiga vaksin yang menawarkan perlindungan terhadap virus corona varian Delta saat pertama kali terdeteksi di AS Maret lalu, tingkat efektivitasnya berubah atau menurun enam bulan kemudian.

Peneliti mencatat, dua dosis vaksin Moderna menurun tingat efektivitasnya. Dari yang sebelumnya 89 persen efektif pada bulan Maret, menjadi 58 persen efektif pada bulan September.

Sementara itu, vaksin Pfizer-BioNTech berubah dari 87 persen efektif menjadi 45 persen efektif selama periode waktu yang sama.

Selengkapnya baca di sini:

Hewan berusia terpanjang di Bumi

Kingdom animalia menawarkan rentang hidup yang sangat panjang, jauh melebihi rata-rata manusia.

Beberapa hewan dapat bertahan hidup selama ratusan hingga ribuan tahun, seolah tidak mengalami proses penuaan.

Meski ada hewan darat yang berusia sangat panjang, seperti kura-kura tertua yang berusia hampir 190 tahun, “juara” sebenarnya adalah hewan-hewan air.

Dilansir dari Live Science, setidaknya ada 5 hewan yang memiliki usia terpanjang di Bumi saat ini, yakni:

  1. Hiu Greendland (+200 tahun)
  2. Cacing tabung (+300 tahun)
  3. Kerang quahog laut (+500 tahun)
  4. Karang (+4.000 tahun)
  5. Spons kaca (+11.000 tahun)

Selengkapnya baca di sini:

Daftar danau terbesar di dunia

Di dunia ini, setidaknya ada lima danau terbesar di dunia. Saking besarnya bahkan ada yang disebut laut.

Apa saja?

  1. Laut kaspia: 371.000 km persegi
  2. Danau Superior: 82.100 km persegi
  3. Danau Victoria: 68.870 km persegi
  4. Danau Huron: 59.588 km persegi
  5. Danau Michigan: 28.030 km persegi

Selengkapnya baca di sini:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#POPULER #SAINS #Parasit #Krustasea #Gantikan #Lidah #Ikan #Efektivitas #Vaksin #Covid19 #Turun #Drastis #Usai #Bulan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts