Apa Itu Scaling Gigi dan Root Planing?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pernah disarankan untuk melakukan prosedur scaling gigi? Tahukah Anda apa itu scaling gigi?

Read More

Scaling gigi adalah tindakan untuk membersihkan karang gigi dan dilakukan langsung di klinik oleh dokter gigi. Biasanya, scaling juga bisa disertai dengan tindakan root planning. Berikut penjelasan lengkapnya.

Scaling gigi

Membersihkan gigi dengan sikat gigi saja tidak cukup. Sikat gigi tidak mampu mencapai seluruh permukaan gigi, terutama di sisi-sisi yang sulit. Oleh karena itu, dokter gigi akan menyarankan penggunaan alat penunjang seperti benang gigi atau sikat interdental.

Sayangnya, alat-alat penunjang tersebut belum umum digunakan oleh masyarakat sehingga proses membersihkan gigi tidak optimal. Ini akan menyebabkan penumpukkan plak yang akan menjadi karang gigi.

Plak yang telah menjadi karang gigi tidak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi saja. Jika dibiarkan, maka akan terus menumpuk dan membuat poket gusi semakin dalam. Oleh karena itu perlu dilakukan scaling gigi.

Scaling gigi adalah proses menghilangkan karang gigi menggunakan alat yang bernama ultrasonic scaler. Alat tersebut akan menghasilkan getaran kecil yang sangat cepat yang bisa meluruhkan karang gigi.

Jika karang gigi di dalam mulut Anda sudah cukup banyak, gusi akan mudah berdarah dan terasa ngilu saat dibersihkan. Jika dibutuhkan, dokter bisa memberikan anestesi lokal pada gigi Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelahnya, dokter gigi akan menghaluskan permukaan gigi yang masih kasar dengan alat-alat scaler manual.

Root planning

Pada kasus karang gigi yang menumpuk dan telah memasuki poket gusi hingga akar gigi, maka Anda perlu tindakan root planning. Pada dasarnya, root planning adalah proses membersihkan karang gigi juga, namun pada permukaan akar.

Jika akar yang terlibat sudah terlalu dalam, kemungkinan sudah terjadi kerusakan tulang alveolar yang menopang gigi. Hal ini akan menyebabkan gigi goyang karena kerusakan tulang yang menopang.

Dokter mungkin akan menyarankan perawatan tambahan di rumah, seperti konsumsi antibiotik dan obat antiradang, jika diperlukan. Obat-obatan ini akan membantu gusi untuk sembuh lebih cepat.

Tanda butuh tindakan scaling gigi

Scaling gigi sebenarnya tindakan yang harus dilakukan secara rutin. Namun, ada tanda-tanda yang menunjukkan Anda segera memerlukan tindakan scaling gigi. Berikut tanda-tandanya:

  • Gusi berdarah saat menyikat gigi ataupun spontan
  • Gusi bengkak, merah, dan lunak
  • Nafas bau
  • Gigi goyang

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Apa #Itu #Scaling #Gigi #dan #Root #Planing #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts