5 Ciri-ciri Kingdom Monera

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Monera adalah organisme uniseluler atau organisme yang hanya memiliki satu sel dengan struktur yang masih sangat sederhana.

Read More

Kingdom monera disebut juga kelompok makhluk hidup prokariotik karena inti selnya belum memiliki membran inti (kariotik).

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), terdapat beberapa ciri-ciri kingdom monera sebagai pembeda dari makhluk hidup lainnya, yakni:

1. Kingdom monera memiliki satu sel

Kingdom monera hanya terdiri dari satu sel yang dapat hidup berkoloni maupun secara individual.

Bakteri dan alga hijau baru hanya memiliki satu sel sehingga kedua organisme tersebut dikeluarkan dari klasifikasi kingdom plantae.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Kingdom monera memilik bentuk sel yang bervariasi

Kingdom monera memiliki sel yang bentuknya bervariasi, mulai dari batang (basil), bulat (cocus), hingga spiral.

Jika kingdom monera hidup secara berkoloni, bentuknya akan menjadi diplobasil atau diplococcus (gabungan dua sel), sarcina (kubus), streptococcus/streptobasil (rantai), dan staphylococcus atau staphylobasil (anggur).

3. Kingdom monera adalah makhluk hidup prokariotik

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki inti sel atau nukleus. Prokariotik juga diartikan sebagai sel yang tidak memiliki organel yang terbungkus membran.

Setidaknya, terdapat 6 struktur penyusun sel prokariotik, yakni membran plasma, sitoplasma, ribosom, dan materi genetik.

4. Kingdom monera memiliki dinding sel

Dinding sel monera terbuat dari zat peptidoglikan, sementara dinding sel tumbuhan tersusun atas selulosa. Namun, ada beberapa bakteri yang dinding selnya tidak tersusun dari peptidoglikan.

5. Kingdom monera tidak memiliki organel bermembran

Tidak memiliki membran inti membuat monera tidak memiliki organel bermembran lain, seperti kloroplas, mitokondria, retikulum endoplasma, badan golgi, lisosom, dan vakuola.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Ciriciri #Kingdom #Monera

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts