8 Manfaat Minum Kopi bisa Turunkan Risiko Kanker hingga Stroke

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kopi adalah minuman paling populer di dunia dan minum kopi di pagi hari telah menjadi rutinitas bagi banyak orang sebelum beraktivitas. Selain dianggap bisa memberi asupan energi, ternyata manfaat kopi juga bisa turunkan risiko kanker.

Read More

Selain rasanya yang nikmat, kopi kaya akan antioksidan dan nutrisi yang sangat menyehatkan. Dalam satu cangkir kopi disebut mengandung vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, magnesium, serta niasin.

Studi menunjukkan, bahwa minum kopi dalam jumlah yang tepat membantu menurunkan risiko terkena penyakit serius.

Dilansir dari Healthline, Senin (25/10/2021) berikut 8 manfaat minum kopi bagi kesehatan.

1. Manfaat kopi turunkan risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Gejala kanker ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Khasiat kopi diklaim dapat menurunkan risiko kanker hati, dan kanker kolorektal. Studi yang dipublikasikan Elsevier pada 2007 menunjukkan, bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati 40 persen lebih rendah.

 

Begitu pula, dalam satu penelitian manfaat kopi pada 489.706 orang menemukan, bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal.

2. Kopi menurunkan berat badan

Manfaat minum kopi selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Zat ini merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Penelitian menemukan, kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini dapat berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Kopi turunkan risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan yang diderita banyak orang di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistansi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Manfaat kopi yang dikonsumsi rutin secara signifikan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi tahun 2009 menemukan, bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 23-50 persen lebih rendah terkena penyakit tersebut.

SHUTTERSTOCK Kopi hitam kaya akan antioksidan, sehingga manfaat kopi hitam dapat melawan kerusakan sel dan mengurangi risiko kondisi kesehatan serius seperti kanker dan penyakit jantung.

Studi lain yang diterbitkan National Library of Medicine tahun 2008 menunjukkan efek minum kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 67 persen pada orang yang mengonsumsi kopi.

Menurut tinjauan dari 18 studi terhadap 457.922 orang, konsumsi satu cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen.

4. Manfaat kopi terhadap risiko alzheimer

Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan merupakan penyebab utama dari demensia. Kondisi ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini seperti gaya hidup sehat, konsumsi makan sehat, serta rutin berolahraga.

Penelitian yang diterbitkan di Eropean Journal of Neurology menyebut bahwa orang yang rutin minum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65 persen lebih rendah.

5. Khasiat kopi melindungi organ hati

Hati adalah organ luar biasa yang memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh kita.

Beberapa penyakit umum terkait hati meliputi hepatitis, penyakit hati berlemak, maupun penyakit hati lainnya.

Banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan sirosis, di mana hati sebagian besar digantikan oleh jaringan parut. Menariknya, kopi dapat melindungi organ hati dari sirosis.

Orang yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari terbukti memiliki risiko hingga 80 lebih rendah mengalami sirosis hati.

Ilustrasi minum kopi.PEXELS/DOMINICA ROSECLAY Ilustrasi minum kopi.

6. Minum kopi tingkatkan energi dan fungsi otak

Khasiat minum kopi dapat mengurangi rasa lelah, hingga meningkatkan energi.

Hal tersebut disebabkan kandungan stimulan yang bernama kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Setelah kopi diminum, kafein diserap ke dalam aliran darah kemudian menuju ke otak.

 

Di otak, kafein memblokir adenosin neurotransmitter. Ketika ini terjadi, jumlah norepinefrin dan dopamin pun meningkat.

Selain itu, rutin minum kopi dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk memori, suasana hati, maupun kewaspadaan.

 

7. Kopi meningkatkan suasana hati

Khasiat kafein dalam kopi mampu meningkatkan suasana hati atau mood. Suasana hati yang baik ini pada akhirnya akan membantu menurunkan depresi. Bahkan, riset menemukan kopi membantu mencegah risiko bunuh diri.

Efek minum kopi dapat meningkatkan tekanan darah sebesar 3 sampai 4 mm/Hg. Biasanya efeknya ringan dan hilang jika minum kopi secara teratur.

Beberapa bukti memperlihatkan, khasiat minum kopi dapat menurunkan risiko stroke pada wanita yang minum kopi.

Sementara itu, penelitian tahun 2013 menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko stroke 20 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Khasiat kopi memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi konsumsi dalam jumlah berlebihan justru berpotensi memengaruhi kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Manfaat #Minum #Kopi #bisa #Turunkan #Risiko #Kanker #hingga #Stroke

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts