5 Zat Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Digunakan untuk Kecantikan

  • Whatsapp

KOMPAS.com –┬áTerdapat banyak sekali zat kimia yang ada di alam. Sebagian besar aman bahkan bermanfaat untuk manusia. Namun, ada beberapa zat paling berbahaya di dunia. Bahkan zat-zat ini bisa menyebabkan kematian.

Read More

1. Botulinum toxin

Botulinum toxin adalah zat kimiawi yang diproduksi secara alami oleh bakteri Clostridium botulinum. Botulinum toxin merupakan zat paling berbahaya yang ada di Bumi.

Saking berbahayanya, hanya dengan dosis 1 nanogram per kilogram berat badan, zat ini bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Botulinum toxin menyebabkan otot-otot mengalami paralisis dengan cara mencegah produksi molekul untuk neruotransmitter, yaitu asetilkolin.

Efek ini dimanfaatkan dalam prosedur kosmetik, yaitu botoks. Botoks memasukan toksin ini dalam jumlah yang sangat kecil untuk merelaksasi otot agar tidak terjadi kerutan pada wajah.

2. Batrachotoxin

Batrachotoxin adalah racun yang biasa digunakan oleh Suku Indian di Amerika Selatan untuk berburu hewan di hutan. Biasanya racun ini dioleskan diujung panah yang digunakan saat membidik mangsa.

Racun batrachotoxin berasal dari katak yang bisa ditemukan di Colombia Barat. Nama kataknya adalah Phyllobates terribilis dan Phyllobates bicolor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya dengan dosis 2 mikrogram per kilogram, batrachotoxin bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Batrachotoxin menyebabkan kematian dengan mengintervensi migrasi ion garam berlebih sehingga menyebabkan gagal jantung.

3. Klorin triflouride

Klorin triflouride adalah zat kimia yang sangat korosif, bahkan pada kaca. Zat ini biasa digunakan sebagai bahan bakar roket dan hanya bisa disimpan dalam kontainer yang terbuat dari logam flourine. Jika zat ini bertemu dengan air, akan menyebabkan ledakan yang luar biasa.

4. VX

VX adalah singkatan dari Venomous Agent X. ini merupakan zat kimia sintetis yang dibuat oleh militer Inggris dan digunakan sebagai senjata. Molekul yang paling banyak terkandung di dalamnya adalah tiofosfonat.

VX bisa membunuh manusia dengan mekanisme mematikan sinyal saraf dan otot, sehingga menyebabkan paralisis. Paralisis ini terjadi termasuk pada organ vital seperti paru-paru dan diafragma, sehingga orang yang terkena racun ini akan habis kekurangan oksigen.

5. Ricin

Ricin adalah zat kimiawi yang terkandung di dalam biji castor yang memiliki nama latin Ricinus communis. Hanya butuh dosis sebanyak beberapa butir garam, ricin bisa membunuh manusia.

Ricin membunuh manusia dengan mekanisme menghambat sintesis protein di dalam sel, sehingga menyebabkan kematian sel.

Itu dia 5 zat paling berbahaya di dunia. Selalu berhati-hati, ya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Zat #Paling #Berbahaya #Dunia #Ada #yang #Digunakan #untuk #Kecantikan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts