6 Khasiat Qusthul Hindi, Herbal yang Disebut sebagai Obat Covid-19

KOMPAS.com –¬†Khasiat qusthul hindi banyak dilirik masyarakat sejak disebut-sebut sebagai obat herbal Covid-19. Ternyata, banyak khasiat qusthul hindi yang belum Anda ketahui.

Qusthul hindi merupakan herbal yang telah lama dimanfaatkan akar dan minyaknya untuk obat tradisional. Selain sebagai obat, qusthul hindi juga sering digunakan untuk penambah rasa dalam makanan.

Herbal ini banyak dimanfaatkan di negara Timur Tengah dan Asia, seperti India, Jepang, dan China.

Khasiat qusthul hindi

1. Obat cacing

Qusthul hindi mengandung zat yang bisa membunuh parasit cacing dan memperlambat pergerakan usus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa qusthul hindi menurunkan jumlah telur cacing yang ditemukan di dalam feses.

Menurunnya jumlah telur cacing menjadi indikator keberhasilan pengobatan infeksi cacing. Efek yang ditimbulkan disebut hampir sama efektifnya dengan obat cacing pirantel pamoat.

2. Mengobati asma dan penyakit saluran pernapasan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti menemukan bahwa salah satu khasiat qusthul hindi adalah mencegah penyempitan saluran napas. Ini menunjukkan bahwa qusthul hindi berpotensi mengobati asma dan penyakit saluran pernapasan lainnya.

Alasan ini yang membuat qusthul hindi dipercaya bisa mengobati Covid-19.

3. Mengatasi masalah saluran pencernaan

Tidak hanya membunuh cacing, qusthul hindi dipercaya bisa meredakan perut bergas. Selain itu, herbal ini juga disebut bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti disentri dan kolera.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi dan menyehatkan jantung

Sebuah studi pada binatang menunjukkan bahwa konsumsi qusthul hindi mampu mencegah kerusakan otot jantung. Selain itu, ditemukan pula bahwa aliran darah hewan tersebut lebih lancar dan turunnya detak jantung.

Ini menunjukkan potensi qusthul hindi untuk mengobati tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit jantung. Namun, masihi diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat ini pada manusia

5. Menjadi antibiotik

Studi di laboratorium menunjukkan qusthul hindi mampu membunuh beberapa jenis bakteri. Beberapa jenis bakteri yang bisa dinetralisir oleh herbal ini adalah methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA), Escherichia coli, dan Pseudomonas aureginosa.

6. Memperbaiki fungsi hati

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan qusthul hindi bisa mencegah kerusakan hati pada infeksi hepatitis. Herbal ini mampu meningkatkan enzim hati, serta meringankan inflamasi yang terjadi. Masih diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan khasiat ini pada manusia.

#Khasiat #Qusthul #Hindi #Herbal #yang #Disebut #sebagai #Obat #Covid19