4 Khasiat Buah Naga yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Buah naga memiliki rasa yang manis dan segar dengan tekstur yang renyah dan berair. Tak hanya lezat, buah naga juga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah.

Read More

Terdapat banyak antioksidan yang bermanfaat yang terkandung dalam buah naga. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang tinggi juga ditemukan dalam buah naga.

Dilansir Healthline, 227 gram buah naga mengandung 136 kalori, 3 gram protein, 29 gram karbohidrat, 7 gram serat, zat besi, magnesium, vitamin C, dan vitamin E.

Berkat nutrisinya yang sangat kaya, buah naga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Dirangkum dari Medical News Today, berikut adalah khasiat buah naga yang telah terbukti menurun sains.

1. Menetralkan radikal bebas

Sebuah penelitian di African Journal of Biotechnology, buah naga mengandung antioksidan betacyanin dan betaxanthins.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senyawa tersebut mampu menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat berbahaya bagi tubuh karena menyebabkan kerusakan sel.

Menurut sebuah makalah di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, aktivitas antioksidan buah naga mampu membantu mencegah kondisi peradangan dalam tubuh.

2. Mengontrol kadar gula darah

Sebuah meta-analisis di jurnal PLOS ONE melihat efek mengonsumsi buah naga pada kontrol gulla darah pada orang dengan pradiabetes atau diabetes tipe 2.

Makalah tersebut mengatakan, penelitian pada hewan menunjukkan hubungan potensial antara konsumsi buah naga dengan pengendalian diabetes yang lebih baik.

Hal ini karena buah naga mendorong pertumbuhan sel prankeas yang memproduksi insulin.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengonsumsi buah naga dapat memberikan efek prebiotik pada tubuh sehingga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, menurut sebuah studi di Electronic Journal of Biotechnology.

Buah naga mengandung karbohidrat yang disebut oligosakarida, yang disebut para peneliti mampu membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Biji kecil dalam buah naga juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Sebuah studi di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, biji buah naga mengandung asam lemak, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-9.

Dokter mengatakan, semua komponen tersebut memberikan manfaat untuk kesehatan jantung.

#Khasiat #Buah #Naga #yang #Telah #Terbukti #Secara #Ilmiah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts