4 Kegunaan Hewan bagi Manusia dan Lingkungan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Makanan, pakaian, dan tempat tinggal yang digunakan oleh manusia merupakan hasil dari pemanfaatan sumber daya alam. Sumber daya alam ini mencakup hewan, tumbuhan, hingga mikroba.

Read More

Sumber daya hewani banyak digunakan sebagai sumber pangan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia.

Pemanfaatan sumber daya hewani oleh manusia bisa berasal dari sektor perikanan, peternakan, dan lain-lain. Selengkapnya, berikut ini adalah 4 kegunaan hewan bagi manusia dan lingkungan:

1. Sumber pangan

Daging hewan memberikan sumber protein yang sangat baik bagi manusia. Selain itu, hasil dari produksi hewan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, seperti susu dan madu.

2. Bahan sandang

Sejak ratusan ribu tahun yang lalu, manusia telah memanfaatkan kulit hewan sebagai pakaian untuk menghangatkan tubuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemanfaatan hewan sebagai bahan sandang ini harus diikuti dengan upaya budidaya. Jika tidak, jumlah hewan tersebut bisa semakin berkurang karena pemanfaatan yang berlebihan.

3. Penyerbukan tanaman

Hewan seperti kupu-kupu, lebah, dan burung adalah hewan yang dapat membantu penyerbukan tanaman. Dengan bantuan hewan-hewan tersebut, tumbuhan dapat berkembangbiak dengan lebih baik.

4. Alat transportasi

Bagi manusia, hewan juga bisa dijadikan sebagai alat transportasi. Hewan seperti kuda atau sapi kerap dimanfaatkan manusia sebagai tunggangan atau pengangkut barang.

Mengingat akan kebutuhan manusia yang sangat bergantung pada hewan dan tumbuhan, upaya untuk mencegah kelangkaan hewan dan tumbuhan pun penting dilakukan.

Dilansir dari buku Sains: Ilmu Pengetahuan Alam, cara yang dapat dilakukan untuk melindungi hewan dan tumbuhan agar tidak cepat punah adalah:

1. Mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa untuk melindungi hewan dan tumbuhan langka

2. Membudidayakan hewan dan tumbuhan yang langka

3. Penanaman pohon kembali agar hutan tetap lestari dan menerapkan sistem tebang pilih jika menebang pohon di hutan

4. Mengganti bahan-bahan dari hewan dan tumbuhan dengan bahan sintetis. Misal, penggunaan bulu-bulu binatang langka dengan bulu sintetis.

#Kegunaan #Hewan #bagi #Manusia #dan #Lingkungan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts