14 Penyakit yang Menyerang Organ Pernapasan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pernapasan adalah kegiatan mengambil udara (inspirasi) dan mengeluarkan udara (ekspirasi) melalui alat pernapasan.

Read More

Sistem pernapasan manusia dapat mengalami masalah, baik disebabkan oleh infeksi virus bakteri atau kelainan sistem pernapasan.

Dilansir dari Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah penyakit yang menyerang organ pernapasan:

1. Asma

Asma adalah penyempitan saluran napas akibat otot polos pembentuk dinding saluran terus berkontraksi. Asma disebabkan oleh alergi atau kekurangan hormon adrenalin.

2. Asfiksi

Masalah sistem pernapasan yang berupa gangguan pengangkutan dan penggunaan oksigen oleh jaringan akibat tenggelam, pneumonia, atau keracunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Asidosis

Asidosis adalah gangguan sistem pernapasan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat dalam darah.

4. Wajah adenoid

Wajah adenoid merupakan penyempitan saluran pernapasan karena adanya pembengkakan kelenjar limfa, pembengkakan di tekak atau amandel.

5. Pneumonia

Pneumonia adalah radang paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri Diplococcus pneumonia.

6. Difteri

Difteri adalah gangguan sistem pernapasan berupa penyumbatan faring/laring oleh lendir akibat infeksi bakter Corynebacterium diphteriae.

7. Emfisema

Emfisema adalah gangguan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh perluasan alveolus yang berlebihan hingga menyebabkan paru-paru menggelembung.

8. Tuberculosis (TBC)

TBC adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis.

9. Peradangan pada sistem pernapasan

Peradangan pada sistem pernapasan manusia yang umum terjadi adalah bronchitis (radang bronkhus), laringitis (radang laring), faringitis (radang faring), pleuritis (radang selaput paru-paru), renitis (radang rongga hidung), dan sinusitis (radang sinus).

Untuk menghindari berbagai penyakit organ pernapasan tersebut, penting untuk melakukan langkah-langkah pencegah.

Mencegah penyakit organ pernapasan bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan organ pernapasan, menghindari zat-zat yang merusak organ pernapasan, merawat organ pernapasan, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

#Penyakit #yang #Menyerang #Organ #Pernapasan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts