BMKG: Tak Ada Potensi Badai Tropis di NTT Sepekan ke Depan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa tidak terdeteksi potensi badai tropis di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Read More

Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Jumat (6/8/2021).

Guswanto mengatakan hal itu untuk menanggapi informasi yang beredar tentang potensi Bibit Siklon Tropis di wilayah Nusa Tenggara Timur dalam beberapa hari ke depan.

“BMKG menegaskan bahwa saat ini tidak terdeteksi potensi badai tropis di wilayah selatan Indonesia maupun di sekitar Australia, sehingga masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak mempercayai isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan tersebut,” kata Guswanto.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, terkait kondisi cuaca di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) , BMKG menerangkan bahwa berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terbaru, teridentifikasi adanya pola Pusat Tekanan Tinggi di wilayah benua Australia bagian selatan dengan tekanan udara hingga mencapai 1034 mb.

Keberadaan pusat tekanan tinggi di wilayah tersebut memicu peningkatan kecepatan angin di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di Indonesia bagian selatan ekuator termasuk wilayah NTT.

Kondisi dinamika atmosfer tersebut dapat memberikan dampak yang cukup signifikan pada timbulnya angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah perairan di sekitar Nusa Tenggara Timur.

 

“Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa angin kencang yang terjadi saat ini bukan badai atau siklon sebagaimana Siklon Tropis Seroja yang terjadi di Nusa Tenggara Timur pada awal April lalu,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, angin kencang yang saat ini terjadi di wilayah NTT masih dapat terjadi hingga beberapa hari kedepan.

Meski tidak ada potensi badai tropis, namun gelombang tinggi, berkisar antara 4-6 meter, menurut BMKG memang berpeluang terjadi di wilayah sekitar Nusa Tenggara Timur dal sepekan ke depan, seperti di Perairan selatan Jawa hingga Lombok, Perairan selatan Sumba, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT.

#BMKG #Tak #Ada #Potensi #Badai #Tropis #NTT #Sepekan #Depan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts