Adakah Waktu Terbaik untuk Minum Suplemen Vitamin?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Banyak orang yang mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin.

Read More

Mengonsumsi suplemen secara teratur akan meningkatkan jumlah vitamin yang diserap tubuh, di samping konsumsi makanan bergizi.

Mengenai cara mengonsumsi suplemen, mungkin ada yang bertanya-tanya, apakah waktu minum suplemen akan memengaruhi efektivitasnya.

Sebenarnya, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa waktu minum suplemen akan meningkatkan atau mengurangi efektivitasnya.

Hal yang terpenting adalah mengonsumsinya secara konsisten untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Apakah ada waktu terbaik untuk minum suplemen?

Vitamin yang berbeda bekerja dengan cara yang berbeda sehingga beberapa orang memiliki pertimbangan khusus saat mengonsumsinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Medical News Today, ilmu pengetahuan umumnya tidak mendukung rekomendasi khusus untuk mengonsumsi suplemen pada waktu tertenu.

Sebagaimana yang telah disebutkan, lebih penting untuk minum suplemen secara rutin setiap hari, apalagi jika tujuan konsumsinya adalah untuk mengatasi kekurangan vitamin.

1. Vitamin yang larut dalam air

Tubuh manusia secara alami tidak memproduksi atau menyimpan vitamin yang larut dalam air. Oleh sebab itu, orang perlu mengonsumsi vitamin ini dari pangan hewani, nabati, dan terkadang sumber tambahan.

Adapun jenis vitamin yang larut dalam air termasuk vitamin C dan sebagian besar vitamin B. Dengan jumlah yang direkomendasikan, vitamin C dapat dikonsumsi setiap hari secara aman.

2. Vitamin B

Vitamin B biasanya dikonsumsi ketika seseorang merasa stres dan kekurangan energi. Terdapat 8 jenis vitamin B yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri, yakni:

a. Tiamin

b. Riboflavon

c. Vitamin B-6

d. Biasain

e. Biotin

f. Vitamin B-12

g. Asam folat

h. Asam pantotenat.

Umumnya, vitamin B dapat dikonsumsi secara bersamaan. Beberapa produk suplemen juga menawarkan produk kombinasi dari jumlah harian vitamin B.

Karena manfaatnya untuk meningkatkan energi, waktu yang disarankan untuk mengonsumsi vitamin B adalah setelah bangun tidur.

3. Vitamin yang larut dalam lemak

Vitamin yang larut dalam lemak diperlukan dalam dosis kecil. Biasanya, vitamin yang larut dalam lemak pun dapat terpenuhi melalui asupan makanan.

Adapun vitamin yang larut dalam lemak meliputi vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Orang yang membutuhkan tambahan asupan vitamin tersebut melalui suplemen, disarankan untuk meminumnya bersama makanan untuk meningkatkan penyerapan.

Meski beberapa saran menyebutkan waktu terbaik untuk minum suplemen, perlu diingat bahwa konsisten mengonsumsinya menjadi hal yang lebih penting.

#Adakah #Waktu #Terbaik #untuk #Minum #Suplemen #Vitamin #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts