Efek Samping Vaksin Covid-19 pada Ibu Hamil yang Mungkin Muncul

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menegaskan, bahwa ibu hamil diperbolehkann untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, meski tidak jarang masih ada yang mengalami efek sampingnya.

Read More

Selain WHO dan POGI, Internasional Federation of Obstretics and Gynecology (FIGO) telah memberikan penegasan secara kuat untuk mengikutsertakan ibu hamil dan menyusul pada fase 3 penelitian vaksin Covid-19 untuk seluruh produsen vaksin Covid-19.

Ketua Umum Pengurus Pusat POGI, dr Ari K Januarto SpOG(K)-Obginsos dalam keterangan resminya yang diterima Kompas.com, Jumat (25/6/2021) mengatakan, mendapatkan vaksinasi dalam kehamilan akan mencegah akan mencegah ibu hamil bergejala berat bila terpapar Covid-19.

“Hingga saat ini belum ada data ilmiah mengenai efektivitas maupun potensi bahaya pemberian vaksin Covid-19 untuk ibu hamil dan menyusui, mengingat tergolong dalam kelompok vulnerable population (kelompok rentan),” jelas Ari.

Berdasarkan profil keamanan pada uji klinik vaksin Covid-19 pada populasi umum di Indonesia, data keamanan interim 1 bulan vaksin CoronaVac menunjukkan profil laporan efek samping yang sebanding antara kelompok vaksin dengan placebo dan umumnya ringan hingga sedang.

Kendati demikian, diakui POGI bahwa ada beberapa efek samping dari vaksin Covid-19 pada ibu hamil, yakni sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Efek samping lokal

Efek samping lokal yang dilaporkan pada kelompok vaksin dan placebo adalah sebagai berikut:

– Nyeri

– Indurasi

– Kemerahan

– Pembengkakan

Sedangkan, efek samping sistemik yang dilaporkan adalah sebagai berikut:

– Myalgia (Nyeri otot)

– Fatigue (Kelelahan berlebihan)

– Demam

 

SHUTTERSTOCK/PalSand Ilustrasi vaksin

2. Efek samping berat 

Profil keamanan vaksin terakhir bagi ibu hamil yang dilaporkan dan mungkin terkait dengan pemberian vaksin dengan frekuensi kejadian sebesar 0,1  persen hingga di bawah 1 persen adalah :

– Rhinitis (Iritasi di lapisan dalam hidung)

– Faringitis (Nyeri atau iritasi tenggorokan)

– Nyeri perut

– Dispepsia (Gangguan pencernaan)

– Nausea (Mual dan ingin muntah)

– Vomiting (Muntah)

– Urtikaria (Kulit melepuh)

– Sakit kepala

– Malaise (Tidak enak badan, bisa kelelahan, nyeri menyebar atau hilang nafsu makan)

– Pireksia (demam)

Ari menambahkan, hingga saat ini belum ada data ilmiah mengenai efektivitas maupun potensi bahaya pemberian vaksin Covid-19 untuk ibu hamil dan menyusui mengingat tergolong dalam kelompok rentan (vulnerable population).

Akan tetapi, ibu hamil yang mengalami munculnya efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) setelah vaksinasi Covid-19, sebaiknya segera melapor kepada fasilitas layanan kesehatan tempat Anda melakukan imunisasi, agar dapat segera dilakukan penanganan yang tepat.

#Efek #Samping #Vaksin #Covid19 #pada #Ibu #Hamil #yang #Mungkin #Muncul #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts