6 Makanan untuk Mengatasi Demam, Enak dan Sehat

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ketika demam menyerang, tubuh akan terasa sangat tidak nyaman sehingga sulit untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

Read More

Bahkan, demam bisa menyebabkan sulit tidur dan makan. Padahal, seseorang yang terkena demam harus mendapatkan istirahat yang berkualitas dan asupan nutrisi yang cukup.

Terkait asupan nutrisi, ada beberapa makanan yang dapat membantu tubuh meredakan demam dan menghilangkan rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya.

Dilansir dari Medical News Today dan Healthline, berikut adalah 6 makanan untuk mengatasi demam.

1. Teh herbal

Ketika demam, penting untuk tubuh tetap terhidrasi. Teh herbal tidak hanya mampu menghidrasi tetapi juga memberikan sensasi tenang dan nyaman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daun teh kaya akan senyawa tumbuhan alami, seperti polifenol, flavonoid, dan katekin yang merangsang sistem kekebalan tubuh.

Senyawa katekin, khususnya, mampu melindungi tubuh dari serangan beberapa jenis virus influenza.

2. Buah jeruk dan beri

Berbagai jenis buah jeruk mengandung vitamin C dan flavonoid dalam jumlah tinggi.

Kandungan ini mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu melawan demam.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang disebut quercetin dalam buah beri mampu mengobati infeksi rhinovirus yang menyebabkan flu biasa.

3. Sup ayam

Sup ayam merupakan hidangan yang kaya vitamin, mineral, kalori dan protein sehingga dibutuhkan tubuh untuk pulih dari penyakit.

Sup ayam juga kaya akan cairan dan elektrolit yang berguna bagi orang yang sedang mengalami demam untuk mencegah dehidrasi.

Selain itu, ayam dalam sup juga mengandung asam amino sistein yang salah satu bentuknya memiliki efek antivirus, antioksidan, dan anti-inflamasi.

4. Air kelapa

Air kelapa merupakan minuman yang ideal dikonsumsi saat sakit. Ia kaya akan elektrolit yang penting untuk mengisi cairan saat demam.

Air kelapa juga mengandung sedikit gula alami yang dapat berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh.

5. Pisang

Pisang tidak hanya nikmat dan mengenyangkan, ia juga kaya akan nutrisi dan karbohidrat yang bekerja secara cepat.

Pisang mengandung kalium yang dapat membantu mengisi kembali cadangan elektrolit. Pasalnya, kalium adalah salah satu elektrolit yang dibutuhkan tubuh.

6. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, serat, vitamin, dan mineral, yang semuanya penting untuk kesehatan.

Berkat kandungan lemak sehatnya, terutama asam oleat, alpukat dapat membantu mengurangi peradangan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

#Makanan #untuk #Mengatasi #Demam #Enak #dan #Sehat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts