8 Manfaat Air Kelapa, Bagus untuk Gantikan Cairan Tubuh

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Air kelapa merupakan minuman kaya gizi yang banyak tersedia di Indonesia sebagai negara tropis. Air kelapa sering diminum di siang hari sebagai minuman yang menyegarkan.

Read More

Air kelapa juga banyak dipilih menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan harian. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang menyukainya.

Dilansir dari Health Line (6/9/2018), berikut manfaat air kelapa sebagai alternatif pengganti cairan tubuh Anda.

Mengandung banyak nutrisi

Di dalam kelapa hijau terdapat rata-rata setengah hingga secangkir air kelapa. Dalam secangkir air kelapa mengandung lebih dari 90% air, sedikit kalori, karbohidrat, serat, dan protein.

Selain itu, air kelapa mengandung vitamin C sebesar 10% dari kebutuhan harian, magnesium, mangan, potasium, sodium, dan kalsium.

Mengandung antioksidan

Antioksidan sangat penting bagi tubuh karena berperan untuk menangkal radikal bebas dalam proses metabolisme.

Beberapa studi percobaan telah dilakukan pada hewan pengerat menggunakan air kelapa. Hasilnya air kelapa mengandung antioksidan dan mampu menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida. Namun, masih diperlukan studi lanjutan untuk membuktikan manfaat air kelapa ini untuk manusia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengandung asam amino

Asam amino adalah zat yang pentong untuk perbaikan jaringan. Air kelapa mengandung beberapa asam amino yang lebih tinggi dari susu sapi. Beberapa asam amino yang terkandung di dalam air kelapa antara lain alanin, arginin, sistein, dan serin.

Menurunkan gula darah

Beberapa studi pada hewan pengerat menunjukkan bahwa air kelapa bisa menurunkan gula darah dan hemoglobin A1c yang menunjukkan bahwa gula darah terkontrol.

Air kelapa juga merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Mencegah batu ginjal

Cara terbaik untuk mencegah pembentukan batu ginjal adalah dengan meminum cairan yang cukup. Air putih memang opsi yang baik untuk memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Namun, ada dugaan bahwa air kelapa lebih baik dari air putih.

Batu ginjal terbentuk dari kalsium, oksalat, dan komponen lainnya membentuk kristal di ginjal. Air kelapa ternyata bisa mencegah pembentukan kristal atau batu ginjal.

Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi yang dipublikasikan di NCBI pada tahun 2006, menemukan bahwa hewan pengerat yang diberikan air kelapa mengalami penurunan yang signifikan atas kolesterol dan trigliserida. Selain itu, terjadi juga penurunan lemak pada hati.

Menurunkan tekanan darah

Secangkir air kelapa mengandung potasium hingga 800 miligram. Potasium telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Pada sebuah studi, pemberian air kelapa mampu menurunkan tekanan darah pada 71% orang.

Air kelapa mengandung mineral yang baik agar tubuh bisa mengatur keseimbangan tubuhnya. Ini membuat air kelapa baik untuk diminum setelah berolahraga untuk menggantikan elektrolit dan cairan tubuh.

Jadi, apa Anda akan meminum air kelapa siang ini?

 

#Manfaat #Air #Kelapa #Bagus #untuk #Gantikan #Cairan #Tubuh #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts