Serba-serbi Hewan: Kucing Suka Duduk di Atas Kotak, Bahkan yang Palsu

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Bukan rahasia lagi, kucing suka duduk di tempat yang berbentuk persegi. Entah itu kardus, keranjang, koper, koper, hingga laci.

Read More

Namun sebuah studi baru yang dipublikasikan di Applied Animal Behavior Science menemukan bukti lain mengenai kecintaan kucing terhadap kotak.

Studi tersebut menyebut bahwa kucing juga suka dudk di dalam bentuk 2 dimensi (2D) yang meniru ilusi persegi.

Temuan ini dapat memberikan lebih banyak wawasan mengenai persepsi kucing tentang ilusi visual.

Mengutip Smithsonian, Rabu (19/5/2021) studi tersebut dilakukan setelah Gabriella Smith, peneliti kognisi hewan di Hunter College di New York memiliki ide untuk menguji persepsi kognitif kucing.

Smith kemudian merancang eksperimen sains yang melibatkan masyarakat umum bersama peliharaannya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemilik kucing yang bersedia melakukan eksperimen kemudian diberi petunjuk untuk menciptakan ilusi Kanizsa atau penyusunan empat lingkaran yang masing-masing diiris seperempat, menyerupai bentuk Pac Man.

Setelah bentuk kertas dibuat, peneliti menginstruksikan pemilik hewan untuk meletakan bentuk tersebut di lantai dalam berbagai pengaturan, mulai dari bentuk kotak biasa dengan tepi, kotak kanisza yang sempurna, serta kotak kanisza yang cacat.

Untuk menghindari supaya kucing tak terpengaruh dengan pemiliknya, maka peneliti meminta pemilik untuk menghindari interaksi dan memakai kacamata hitam supaya tak terjadi kontak mata.

Kucing kemudian dibiarkan masuk ke dalam ruangan yang di dalamnya sudah terdapat kotak-kotak palsu 2 dimensi itu.

Dari sampel sebanyak 30 ekor kucing, sembilan ekor kucing secara konsisten memilih untuk duduk di salah satu bentuk.

Sembilan kucing itu memilih duduk di kotak biasa delapan kali, yakni kotak kanizsa yang sempurna tujuh kali, dan kotak kanizsa yang cacat hanya sekali.

“Kesimpulan utamanya adalah kucing juga rentan terhadap ilusi dengan cara yang mirip manusia dan kemungkinan besar tertarik pada bentuk 2D untuk kontur mereka, bukan hanya hal baru di lantai,” jelas Smith.

Studi ini merupakan studi ilusi visual pertama kalinya yang dilakukan terhadap kucing di lingkungan yang akrab bagi mereka.

Keuntungannya, kucing dapat berperilaku alami. Sebaliknya lingkungan di lab lebih cenderung membuat kucing stres.

Lebih lanjut temuan dalam studi ini dapat membantu para peneliti memahami bagaimana kucing memandang ilusi yang kemudian dapat dibandingkan dengan hewan lain.

Meski begitu, peneliti belum bisa menjelaskan secara gamblang mengapa kucing begitu mencintai bentuk kotak. Perlu lebih banyak penelitian.

Tetapi peneliti menduga, bentuk kotak memberikan rasa aman dan keselamatan seperti saat mereka bersembunyi di ruang tertutup.

#Serbaserbi #Hewan #Kucing #Suka #Duduk #Atas #Kotak #Bahkan #yang #Palsu #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts