Penemuan Mikrofon Ternyata Sudah dari Tahun 1600-an

  • Whatsapp

KOMPAS.com– Mikrofon telah dikenal sebagai alat pengeras suara yang biasanya digunakan pada acara-acara tertentu yang mengundang banyak orang, agar suara dapat terdengar keras dan jelas.

Read More

Mikrofon adalah perangkat untuk mengubah daya akustik menjadi tenaga listrik dengan karakteristik gelombang yang pada dasarnya serupa.

Perangkat ini mengubah gelombang suara menjadi tegangan listrik yang kemudian diubah kembali menjadi gelombang suara dan diperkuat melalui speaker.

Saat ini, mikrofon paling sering dikaitkan dengan industri musik dan hiburan, padahal perangkat tersebut sudah ada sejak tahun 1600-an, ketika para ilmuwan mulai mencari cara untuk memperkuat suara.

 

Pada tahun 1665 fisikawan dan penemu Inggris, Robert Hooke dikreditkan dengan mengembangkan telepon akustik seperti cangkir dan tali.

Ia dianggap sebagai pelopor dalam bidang transmisi suara melintasi jarak, meskipun dulu penggunaan kata ‘mikrofon’ tidak digunakan hingga abad ke-19.

Dilansir Thought Co, Kamis (6/5/2021) Sir Charles Wheatstone seorang fisikawan dan penemu Inggris terkenal  pada tahun 1885 lah orang pertama yang menciptakan ungkapan ‘mikrofon’.

 

Wheatstone adalah salah satu ilmuwan pertama yang secara resmi mengakui bahwa suara ‘ditransmisikan melalui gelombang melalui media’.

Pengetahuan ini membawanya untuk mengeksplorasi cara-cara mentransmisikan suara dari satu tempat ke tempat lain, bahkan dalam jarak yang jauh.

Dia belajar mengembangkan perangkat yang dapat memperkuat suara lemah, yang dia sebut mikrofon.

Penemuan perangkat mikrofon ini mengubah gelombang suara menjadi tegangan listrik yang kemudian diubah kembali menjadi gelombang suara dan diperkuat melalui speaker.

 

 

Perkembangan mikrofon modern dipelopori oleh Emile Berliner yang merupakan seorang Amerika kelahiran Jerman. Ia menemukan perangkat ini pada saat bekerja dengan penemu terkenal Thomas Edison.

Beberapa tahun setelah Berliner dan Edison membuat mikrofon mereka, David Edward Hughes, seorang penemu dan profesor musik Inggris-Amerika, mengembangkan mikrofon karbon pertama.

Mikrofon Hughes adalah prototipe awal untuk berbagai mikrofon karbon yang masih digunakan sampai sekarang.

Pada tahun 1920-an, industri hiburan radio, kala itu menjadi salah satu sumber utama untuk berita dan hiburan di seluruh dunia.

Maka permintaan akan teknologi mikrofon yang lebih baik tumbuh. Melihat peluang itu, Perusahaan RCA mengembangkan mikrofon pita pertama, PB-31/PB-17, untuk penyiaran radio.

 

Kemudian, Sennheiser mengembangkan mikrofon clip-on pertama pada tahun 1983 yang merupakan mikrofon terarah dan yang dirancang untuk studio. Mikrofon ini masih populer sampai sekarang.

Mikrofon masih terus berkembang hingga abad ke 21 yaitu sekitar tahun 2000-an. Kala itu Mikrofon MEMS (Microelectromechanical systems) mulai membuat terobosan di perangkat portabel termasuk ponsel, headset, dan laptop.

Tren mikrofon miniatur berlanjut dengan aplikasi seperti perangkat yang dapat dikenakan, rumah pintar, hingga teknologi mobil.

Istilah mikrofon berasal dari bahasa Yunani mikros yang berarti kecil dan fon yang berarti suara atau bunyi. Istilah ini awalnya mengacu kepada alat bantu dengar untuk suara berintensitas rendah

Sejarah mikrofon sebagai alat pengeras suara, terus berkembang. Bahkan, sejak penemuan pertamanya, mikrofon sampai sekarang sudah dapat digunakan pada beberapa alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu dengar, pengudaraan radio serta televisi, dan lain sebagainya.

#Penemuan #Mikrofon #Ternyata #Sudah #dari #Tahun #1600an #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts