Rahasia Alam Semesta: Berapa Berat Badan Manusia di Planet Lain?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Jika berat badan Anda di Bumi sekarang 50 kg, apakah di planet lain, berat badan manusia akan sama? 

Read More

Bumi memiliki gravitasi yang berbeda dengan planet lain. Jika kita datang ke planet tertentu, berat badan kita juga akan berubah. Mengapa ini bisa terjadi?

Ini dikarenakan, berat manusia di planet lain adalah hasil dari massa, kekuatan gravitasi di planet tersebut, dan jarak manusia dari pusatnya.

Massa manusia tidaklah berubah di planet lain, tetapi gravitasi dan ukuran planet tersebutlah yang dapat memengaruhi berat manusia.

Dilansir Live Science, Jumat (16/4/2021), berat adalah gaya yang diberikan gravitasi pada suatu benda karena massanya. Massa Anda tetap konstan di seluruh alam semesta.

 

Namun, berat badan akan berubah bergantung pada gaya gravitasi yang bekerja pada Anda, yang bervariasi dari planet ke planet.

Hukum Newton tentang Gravitasi Universal mengatakan bahwa segala sesuatu yang bermassa menarik setiap benda yang bermassa, tarikan dengan gaya (a) berbanding lurus dengan hasil kali dua massa benda dan (b) berbanding terbalik dengan kuadrat jarak yang memisahkan pusat mereka.

Lalu bagaimana cara menghitung berat badan di planet lain?

Cara untuk menghitung berat badan di planet lain adalah dengan menghitung berat badan Anda di bumi dikalikan dengan gravitasi permukaan pada planet lain.

FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi berat badan, menurunkan berat badan.

Jadi, jika Anda mengetahui berat badan di Bumi dan gravitasi Bumi, Anda dapat menghitung massa Anda.

Anda kemudian dapat menghitung berat Anda di planet lain dengan menggunakan gravitasi permukaan planet tersebut dalam persamaan yang sama.

Berikut ini adalah daftar gaya gravitasi di planet lain di alam semesta ini.

  1. Merkuri: 0,38
  2. Venus: 0,91
  3. Bumi: 1,00
  4. Mars: 0,38
  5. Jupiter: 2,34
  6. Saturnus: 1,06
  7. Uranus: 0,92
  8. Neptunus: 1,19
  9. Pluto: 0,06

Mengalikan berat badan di Bumi dengan angka-angka di atas akan menghasilkan berat badan di permukaan setiap planet.

 

Jadi, Anda memiliki berat 68 kg, maka berat tubuh kita akan menjadi 159 kg di planet Jupiter.

Lalu, di Mars kita akan memiliki berat 26 kg sedangkan di planet Pluto akan menurun jadi 4 kg saja.

Dapat diperhatikan, bahwa Merkurius dan Mars memiliki gravitasi proporsional yang sama, meskipun Mars hampir dua kali lebih besar dari Merkurius.

Ukuran superior Mars 1,4 kali diameter Merkurius, mengalahkan efek massa ekstra karena hubungan kuadrat terbalik antara gravitasi dan jarak.

Planet Uranus dan Venus menyajikan contoh yang lebih mencolok dari fenomena ini. Meskipun Uranus mencapai sekitar 17,8 kali massa Venus, diameter 4,2 kali lebih besar masih meniadakan perbedaan dalam gravitasi permukaan proporsional.

#Rahasia #Alam #Semesta #Berapa #Berat #Badan #Manusia #Planet #Lain #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts