Halo Prof! Mengapa Rambut Selalu Rontok Ketika Disisir?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Rambut yang kerap rontok, terutama dalam jumlah banyak jelas menimbulkan kekhawatiran. Hal ini dialami oleh pembaca Kompas.com bernama Depiaa Veriska yang mengirimkan pertanyaannya ke Halo Prof!:

Read More

“Halo Dok, mengapa rambut saya sering sekali rontok, Dok? Rontoknya sehari bisa beberapa kali setiap disisir. Terkadang sampai segumpal tangan lebih. Sedangkan rontok ini terjadi sudah semingguan lebih. Apakah tidak apa-apa, Dok? Terima kasih, Dok.”

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Alexander Chandra, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
dari RS Pondok Indah – Puri Indah:

Halo Ibu Depiaa Veriska, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Rambut rontok pada wanita biasanya terjadi 100 helai per hari. Apabila lebih dari itu, biasanya ada masalah pada rambut Anda. Beberapa hal di bawah ini adalah penyebab dari kerontokan rambut:

1. Tekanan yang terlalu kuat pada rambut, misalnya sering mengikat rambut terlalu kencang dapat memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut. Hal ini membuat folikel rambut melemah. Tekanan ini dapat menimbulkan kebotakan (kebotakan karena tarikan).

2. Stres dapat mendorong otak memproduksi hormon kortisol yang memicu kerontokan rambut. Sebaiknya Anda dapat mengelola stres dengan baik, misalnya dengan rutin berolahraga.

3. Terlalu sering memanipulasi rambut, misalnya mewarnai rambut, meluruskan rambut, mengeriting rambut, dan mencatok rambut dapat memicu rambut menjadi rontok.

4. Kurang pelembab pada rambut, misalnya penggunaan kondisioner rambut

5. Diet yang berlebihan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi sehingga rambut kekurangan protein, vitamin A, B, dan C, serta zat besi. Hal ini juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

6. Hormonal dan genetik pun dapat menyebabkan kerontakan rambut (alopesia androgen). Saat hal tersebut berlangsung, terjadi penyusutan folikel rambut karena hormon androgen. Hormon androgen ada pada wanita, tetapi biasanya lebih banyak pada pria.

 

7. Pil KB juga dapat menyebabkan kerontokan. Hormon dalam pil KB menekan ovulasi yang dapat menyebabkan rambut tipis dan rontok.

8. Kelebihan vitamin A juga dapat memicu kerontokan rambut.

9. Kemoterapi dan perawatan berlebihan dapat memicu kerontokan rambut pada wanita.

10. Setelah melahirkan, kerontokan paling sering muncul pada empat bulan setelah kehamilan. Biasanya kerontokan terjadi karena perubahan hormonal pada tubuh.

11. Infeksi jamur yang terjadi pada wanita. Kondisi ini rentan terjadi pada kulit kepala yang lembap. Pada area yang rontok tampak kulit kepala yang bersisik dan kemerahan. Apabila tidak ditangani, maka kerontokan akan menjadi lebih luas.

Apakah salah satu penyebab kerontokan ini Ibu alami? Apabila Ibu mengetahui penyebab kerontokan secara dini, maka kerontokan dapat dicegah dan segera ditangani agar tidak menjadi meluas. Ibu dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk merawat rambut rontok:

1. Mengonsumsi makanan bergizi, karena kekurangan nutrisi dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Agar rambut tumbuh kuat dan indah diperlukan berbagai nutrisi untuk rambut seperti protein, zat besi , zinc, asam, folat , vitamin A, D, dan E, serta biotin dan anti-oksidan.

2. Cara menata rambut yang tidak benar dapat menyebabkan rambut menjadi rusak, patah, dan rontok, misalnya ketika Anda mengikat rambut terlalu kencang, sering mencatok, mengunakan pengering rambut terlalu panas, meluruskan rambut, mengeriting rambut, atau mewarnai rambut dengan bahan kimia.

Untuk mencegahnya, maka rawatlah rambut dengan lembut, hindari suhu panas, dan bahan kimia, serta gunakan produk perawatan rambut khusus untuk rambut rontok. Misalnya sampo, kondisioner, serta serum khusus rambut rontok.

 

3. Mengurangi stres, karena saat stres berat, kadar hormon di tubuh juga berubah. Hal ini dapat menyebabkan kerontokan rambut.

4. Mengunakan obat-obatan misalnya minoxidil yang berupa cairan. Penggunaan obat ini harus di bawah pengawasan dokter ya.

5. Sebaiknya keramas satu kali sehari, karena dengan mengunakan sampo yang baik dapat membersihkan rambut dan memberikan nutrisi pada rambut. Selain itu, jangan lupa, gunakan kondisioner, karena dapat membuat rambut tidak kusut, sehingga dapat mengurangi rambut rontok. Jangan lupa, lebih baik rambut disisir saat rambut kering, ya.

Semoga jawabannya membantu dan rontok rambut Ibu dapat berkurang. Terima kasih.

dr. Alexander Chandra, Sp.KK

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

RS Pondok Indah – Puri Indah

Punya pertanyaan terkait kesehatan yang membuat Anda penasaran? Kirimkan pertanyaan Anda ke haloprof17@gmail.com untuk dijawab oleh ahlinya.

 

#Halo #Prof #Mengapa #Rambut #Selalu #Rontok #Ketika #Disisir #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts