Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Kebiasaan Mengigau Saat Tidur Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pernahkah Anda terbangun tengah malam karena pasangan atau anak Anda tiba-tiba menggumamkan sesuatu saat mereka tidur? Atau mungkin Anda sendiri yang seperti itu?

Read More

Dan ketika bangun di pagi hari, tak akan ingat apa yang terjadi semalam.

Berbicara dalam tidur atau mengigau, adalah jenis parasomnia yang umum, atau perilaku abnormal selama tidur.

Diperkirakan dua dari tiga orang berbicara dalam tidur pada suatu saat dalam hidup mereka – dan ini sangat umum terjadi pada anak-anak.

Spesialis tidur Michelle Drerup, PsyD dari Cleveland Clinic mengatakan, mengigau bisa sedikit menjengkelkan atau memalukan, tergantung di sisi mana Anda berada.

“Biasanya, itu tidak berbahaya, tetapi terkadang itu bisa menjadi tanda gangguan tidur atau kondisi kesehatan yang lebih serius,” katanya.

Mengapa orang berbicara dalam tidurnya?

Sayangnya, tidak ada jawaban yang jelas soal ini. Anda mungkin berpikir, ketika seseorang yang sedang tidur mengigau, mereka memerankan sesuatu yang terjadi dalam mimpi yang mereka alami.

“Ada beberapa bukti bahwa, terkadang, berbicara dalam tidur mungkin terkait dengan mimpi, tetapi tidak selalu demikian,” jelas Dr. Drerup.

Sebagian besar mimpi terjadi saat Anda berada dalam fase tidur yang dalam atau rapid eye movement (REM). Tetapi berbicara saat tidur atau mengigau dapat terjadi dalam tahap tidur apa pun, termasuk tidur REM dan non-REM.

Mengigau kemungkinan juga dikaitkan dengan parasomnia lain, seperti berjalan dalam tidur.

“Karena sebagian besar parasomnia dianggap sebagai kondisi campuran antara terjaga dan tidur, berbicara saat tidur atau megigau tampaknya lebih mungkin terjadi ketika pola tidur terganggu,” kata Dr. Drerup.

Artinya, faktor apa pun yang diketahui mengganggu tidur – seperti stres – bisa menjadi faktor penyebab seseorang mengigau.

Ilustrasi tidur dengan pasangan

Meskipun sebagian besar kasus mengigau saat tidur tidak terkait dengan masalah kesehatan serius lainnya, ada kemungkinan hal itu terkait dengan beberapa hal berikut:

– Apnea tidur obstruktif.

– Gangguan perilaku tidur REM.

– Gangguan stres pascatrauma.

“Jika mengigau saat tidur terjadi secara tiba-tiba saat Anda dewasa, atau jika melibatkan ketakutan yang intens, teriakan atau tindakan kekerasan, ada baiknya untuk segera menemui spesialis tidur,” kata Dr. Drerup.

Cara mengatasi mengigau saat tidur

Karena sulit menentukan dengan tepat, apa yang menyebabkan seseorang berbicara atau mengigay dalam tidur, sehingga sebenarnya tidak ada cara berbasis sains untuk menghentikannya.

Hal terbaik yang bisa dilakukan menurut Dr. Drerup adalah, berusaha untuk meningkatkan kebersihan di kamar tidur Anda.

“Fokus pada kebiasaan tidur yang sehat dan memperbaiki lingkungan tidur dapat menghilangkan potensi gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur,” kata Dr. Drerup.

Selain itu, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik:

– Patuhi jadwal tidur yang teratur.

– Tidur tujuh sampai sembilan jam semalam.

– Berikan diri Anda 30 hingga 60 menit waktu tenang tanpa layar, sebelum tidur.

– Minimalkan dan kelola tingkat stres Anda.

– Batasi konsumsi alkohol.

– Hindari kafein setidaknya enam jam sebelum tidur.

– Berolahragalah secara teratur.

– Pastikan kamar tidur tenang dan gelap.

– Jaga suhu ruangan sekitar 20 derajat Celcius.

#Kenali #Penyebab #dan #Cara #Mengatasi #Kebiasaan #Mengigau #Saat #Tidur #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts