Peristiwa Meteorit Jatuh tapi Tak Ada Fenomena Hujan Meteor, Kok Bisa? Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com- Suara dentuman keras akibat jatuhnya meteorit selalu menghebohkan warga sekitar lokasi dan netizen di media sosial.

Read More

Beberapa kejadian meteor jatuh dan dentuman keras tersebut terjadi di Bali pada 24 Januari 2021, Tapanuli Tengah pada 1 Agustus 2020 dan Lampung pada 28 Januari 2021.

Namun, acap kali peristiwa jatuhnya meteorit yang mengagetkan masyarakat tersebut tidak ada peringatan hujan meteor sebelumnya.

Lantas, kenapa tidak ada peringatan fenomena hujan meteor, tetapi bisa terjadi meteorit jatuh menyentuh permukaan bumi?

 

Menanggapi persoalan tersebut, Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengatakan bahwa sebenarnya peristiwa jatuhnya meteorit menyentuh permukaan bumi tanpa ada fenomena hujan meteor itu bisa saja terjadi.

“Jadi ini kejadian yang wajar. Menjadi perhatian karena memang jarang terjadi,” kata Marufin kepada Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Marufin menjelaskan, secara statistik setiap harinya Bumi dihujani oleh 44 ton meteoroid dan memproduksi 17 buah meteorit dengan beragam massa dan ukuran.

Shutterstock Ilustrasi meteorit, meteor jatuh ke Bumi

“Setiap kilometer persegi (km²) daratan Bumi akan mendapatkan 1 meteorit dalam 50.000 tahun,” jelasnya.

Memperhitungkan luas daratan Indonesia yang sebesar 1,9 juta km persegi, maka secara statistik Indonesia didarati oleh 1 buah meteorit dalam setiap 10 hari sekali.

Dikatakan Marufin, jika mempertimbangkan luas wilayah daratan Indonesia yang dihuni baik pedesaan maupun perkotaan, maka secara statistik sekitar setiap 90 hari sekali wilayah Indonesia didarati oleh sebutir batu meteorit apapun tipenya.

 

Untuk diketahui, secara tradisional batu meteorit ini dibagi menjadi 3 klasifikasi yaitu meteorit Besi (siderit), meteorit Besi-Batuan (siderolit) dan meteroit Batuan (aerolit).

Akan tetapi, meskipun kejadian jatuhnya meteorit menyentuh permukaan Bumi adalah hal yang wajar terjadi, Marufin menegaskan bahwa peristiwa ini tidak begitu pengaruh ke area jatuhnya meteorit tersebut dan sekitarnya.

“Kalau dalam jumlah sedikit massa yang kecil, sesungguhnya tak ada pengaruhnya bagi lingkungan,” jelasnya.

Adapun, kandungan unsur Besi yang ada di dalam batu meteorit umumnya akan mudah terlarut ke lingkungan melalui proses-proses pelapukan.

#Peristiwa #Meteorit #Jatuh #tapi #Tak #Ada #Fenomena #Hujan #Meteor #Kok #Bisa #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts