Tentang Asal Usul Uang, Bermula dari Zaman Perunggu Awal Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kapan sih sebenarnya uang ditemukan? Salah satu pertanyaan tertua itu masih terus dicari oleh para arkeolog hingga sekarang.

Read More

Tapi kini tim peneliti yang berbasis di Belanda telah menemukan satu poin dalam sejarah Zaman Perunggu Awal, yang mungkin merupakan awal mula mata uang.

Seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (21/1/2021) peneliti menemukan orang Eropa di Zaman Perunggu menggunakan cincin serta kapak sebagai bentuk awal mata uang.

Kesimpulan tersebut berdasarkan studi objek dari 113 timbunan artefak yang berbeda.

Sebagai bentuk awal mata uang, menurut peneliti benda-benda tersebut pun telah distandarisasi dalam hal berat dan ukurannya untuk meminimalkan kemungkinan adanya kecurangan.

Meski tak ada bukti cara tepat yang dilakukan, tetapi orang Eropa kala itu kemungkinan melakukan standarisasi berat dengan cara mengangkat benda dan menebak-nebak.

Secara psikologis merasakan perbedaan tambahan kualitas suatu objek dengan mengamati disebut sebagai ambang perbedaan atau Hukum Weber.

Untuk mendukung analisis, dalam studi yang telah dipublikasikan di PLOS One ini, peneliti pun meminta sukarelawan untuk mengelompokkan benda artefak yang diteliti menurut massa dengan menimbangnya di tangan.

Hasilnya, sekitar 70 persen dari cincin perunggu yang diteliti memiliki massa yang cukup serupa, rata-rata sekitar 195 gram.

Begitu juga koleksi tulang rusuk dan kapak tertentu dapat dikelompokkan dengan cara yang sama.

Hal tersebut menunjukkan ada pengelompokan barang yang lebih berat dan lebih ringan, kemungkinan mencerminkan dua tingkat nilai yang berbeda.

 

Selain itu, menurut peneliti benda-benda seperti kapak serta cincin tersebut sering ditemukan dalam jumlah yang besar, sehingga mungkin benda tersebut merupakan bentuk mata uang yang sangat primitif.

“Mata uang prasejarah ini dalam bentuk cincin perunggu, tulang, dan kapak. Artefak Zaman Perunggu Awal ini kemudian distandarisasi dalam bentuk dan berat serta digunakan sebagai bentuk awal uang,” ungkap peneliti dalam studinya.

Penemuan ini bisa memberikan penjelasan baru tentang asal usul uang sendiri. Apakah gagasan tentang uang atau penggunaan bahan sebagai uang yang muncul terlebih dahulu.

“Asal mula uang dan perumusan bobot yang koheren dan sistem pengukuran di antara perkembangan prasejarah merupakan paling signifikan dari kecerdasan manusia,” tulis para peneliti dalam makalah mereka.

#Tentang #Asal #Usul #Uang #Bermula #dari #Zaman #Perunggu #Awal #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts