Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme dan Menurunkan Berat Badan Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Metabolisme mengontrol seberapa cepat tubuh membakar kalori yang dikonsumsi. Jika usaha menurunkan berat badan yang Anda lakukan tak kunjung menunjukkan hasil, bisa jadi itu karena masalah metabolisme yang lambat.

Read More

Tapi kini tak perlu khawatir, penelitian terbaru mengungkap cara mudah meningkatkan metabolisme tubuh.

Penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, menemukan bahwa pola makan vegan rendah lemak, memungkinkan orang dewasa yang kelebihan berat badan untuk meningkatkan pembakaran kalori mereka hampir 19% hanya dalam 16 minggu.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Hana Kahleova, MD, Ph.D., direktur penelitian klinis di Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab, telah mengetahui bahwa pola makan nabati dapat membantu orang menurunkan berat badan, sehingga mereka mengambil langkah lebih jauh untuk mengeksplorasi apa yang menyebabkan demikian.

Bersama-sama, mereka merekrut lebih dari 3.000 orang dewasa yang ingin menurunkan berat badan dan memilih 244 (211 di antaranya adalah wanita dengan usia rata-rata 54 tahun), yang kelebihan berat badan tetapi sehat dan tidak memiliki riwayat diabetes.

Selama 16 minggu berikutnya, setengahnya mengikuti pola makan vegan rendah lemak tanpa batas kalori yang terdiri dari 75% karbohidrat, 15% protein, dan 10% lemak. Setengah lainnya tidak melakukan perubahan pola makan.

Pada awal penelitian, tim Dr. Kahleova mengukur dan mencatat berat badan, komposisi tubuh, dan kadar kolesterol setiap orang, serta sejumlah indikator fungsi metabolisme, termasuk “afterburn”, yaitu berapa banyak kalori yang terbakar setelah makan makanan standar.

Setelah 16 minggu, ketika pengukuran dilakukan lagi, mereka yang menjalani pola makan vegan rendah lemak, rata-rata, kehilangan sekitar 6,5 kilogram dan meningkatkan afterburn mereka hampir 19%.

“Sangat menyenangkan melihat peningkatan kesehatan yang begitu besar dalam waktu yang begitu singkat,” kata Dr. Khaleova.

Thinkstockphotos Ilustrasi

Selain penurunan berat badan dan peningkatan afterburn, kelompok vegan rendah lemak juga kehilangan lemak yang signifikan, termasuk lemak perut yang berbahaya, serta penurunan resistensi insulin yang signifikan, yang berhubungan dengan diabetes dan pradiabetes.

Selain itu, kadar kolesterol LDL – kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan jantung, juga turun secara dramatis.

Sedangkan pada kelompok kontrol tidak terlihat perubahan seperti itu, terlepas dari kenyataan bahwa kedua kelompok (rata-rata) melaporkan asupan kalori yang lebih sedikit dan berolahraga sedikit lebih sedikit dari biasanya selama masa studi.

Tim Dr. Kahleova menyimpulkan, bahwa pola makan vegan rendah lemak menyebabkan penurunan berat badan dengan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan mempercepat metabolisme.

“Pola makan nabati adalah pilihan yang terjangkau dan dapat diakses oleh siapa saja yang ingin meningkatkan kesehatan mereka,” kata Dr. Kahleova.

Pada saat yang sama, dia mengantisipasi bahwa penelitian di masa depan akan membahas sejauh mana strategi diet ini dapat membantu penderita diabetes.

Jika Anda berencana untuk menerapkan pola makan vegan rendah lemak, perlu dicatat bahwa orang-orang yang menjalankan pola makan vegan dalam penelitian Dr. Kahleova diberi tambahan vitamin B12, yang kemungkinan dibutuhkan oleh mereka yang menjalani pola makan nabati yang ketat.

 

#Cara #Mudah #Meningkatkan #Metabolisme #dan #Menurunkan #Berat #Badan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts