BMKG Ungkap Sejarah Gempa di Sulbar, Gempa Majene Sebelumnya Pernah Terjadi Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Gempa Majene yang terjadi dua hari ini 14-15 Januari 2021, hampir serupa dengan sejarah gempa yang menimbulkan tsunami di wilayah tersebut.

Read More

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi menyampaikan, gempa bumi yang terjadi di Majene merupakan gempa bumi pengulangan.

Maksudnya adalah, berdasarkan sejarah episenter gempa Majene 14-15 Januari 2021 saat ini sangat berdekatan dengan sumber-sumber gempa yang memicu tsunami, hingga mengakibatkan kerusakan dan korban jiwa.

Peristiwa pertama adalah bencana gempa pada tanggal 11 April 1967 dengan magnitudo M 6,3 di daerah Polewali Mandar.

Berdasarkan catatan korban atau kerusakan, gempa yang menimbulkan tsunami tersebut telah menyebabkan 13 orang meninggal dunia.

Sejarah gempa serupa yang kedua, yaitu terjadi pada tanggal 23 Februari 1969, di mana gempa bumi tektonik pada saat itu terjadi dengan kekuatan magnitudo M 6,3.

Gempa yang terjadi di daerah Majene ini telah menyebabkan catatan korban maupun kerusakan terbanyak di Pantai barat Sulawesi yaitu sebanyak 64 orang meninggal dunia, 97 orang terluka dan 1287 bangunan serta rumah rusak di empat desa.

Berikutnya, gempa kuat yang ketiga terjadi di daerah Mamuju dengan kekuatan magnitudo M 6,7 pada tanggal 8 Januari 1984.

Berdasarkan catatan BMKG, akibat guncangan gempa kuat ini tidak ada korban yang meninggal dunia, tetapi banyak rumah rusak maksimum karena intensitas guncangan di Mamuju mencapai VII MMI.

“Berdasarkan pengalaman sejarah ini, diharapkan masyarakat tetap waspada, memastikan tempat tinggal aman dan menghindari area yang berpeluang terjadi longsoran,” kata Bambang dalam konferensi pers daring bertajuk Updating Informasi Gempa Signifikan yang Terjadi Beberapa Waktu Lalu, Jumat (15/1/2021).

KOMPAS.COM/HENDRA CIPTO bencana gempa di Sulbar

Gempa Majene, 14-15 Januari 2021

Sementara itu, sudah dua hari ini gempa dengan kekuatan besar yaitu bermagnitudo di atas M 5,0 juga kembali terjadi di Majene, Sulawesi Barat.

Sebagai informasi, wilayah Majene diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo M 5,9 pada pukul 13.35 WIB, Kamis (14/1/2021).

Episenter gempa pertama ini terjadi di koordinat 2,99 LS dan 118,89 BT, atau lokasi tepatnya berada di darat pada jarak 4 kilometer arah Barat Laut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

Dalam konferensi pers daring bertajuk Updating Informasi Gempa Signifikan yang Terjadi Beberapa Waktu Lalu, Jumat (15/1/2021), Daryono menyebutkan gempa pertama ini adalah gempa pendahuluan atau foreshock.

Sementara itu, gempa kedua terjadi dini hari tadi pada pukul 01.28 WIB, Jumat (15/1/2021) dengan magnitudo M 6,2.

Gempa kedua yang dianggap sebagai gempa utama ini memiliki episenter yang tidak begitu jauh daripada gempa pertama, yaitu pada koordinat 2,98 LS dan 118,94 BT, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 kilometer arah Timur Laut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan data terbaru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat menyebutkan, data hingga pukul 13.59 WIB, Jumat (15/1/2021) ada 27 orang yang tewas.

Dengan rincian 18 orang meninggal di Kabupaten Mamuju dan 9 orang lainnya tewas di Kabupaten Majene.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati berkata, masyarakat diimbau untuk tetap tenang tetapi waspada.

Sebab, gempa susulan masih akan terus terjadi seperti lazimnya paska gempa kuat, untuk itu masyarakat diminta mewaspadai kemungkinan terjadinya gempa susulan yang kekuatannya signifikan.

“Mengingat pesisir Majene pernah terjadi tsunami pada tahun 1969, masyarakat yang bermukim di wilayah Pesisir Majene perlu waspada jika merasakan gempa kuat, agar segera menjauh dari pantai tanpa menunggu peringatan dini tsunami dari BMKG,” tegasnya.

Selain itu, masyarakat yang tempat tinggalnya sudah rusak atau rusak sebagian, juga diimbau untuk tidak menempatinya lagi, karena jika terjadi gempa susulan signifikan, maka berisiko mengalami kerusakan yang lebih berat bahkan dapat roboh.

#BMKG #Ungkap #Sejarah #Gempa #Sulbar #Gempa #Majene #Sebelumnya #Pernah #Terjadi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts