Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Kemenkes Akan Tambah Bed dan Perawat Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin bersama Wakil Menteri Kesehatan RI, dr Dante Saksosno Herbuwono melakukan kunjungan ke RSCM, untuk memastikan kesiapan rumah sakit dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 setelah momen libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Read More

Menurutnya, lahan di RSCM masih memungkinkan untuk penambahan bed, yang nantinya akan digunakan untuk perawatan pasien Covid-19.

“Yang penting dilakukan adalah menambah jumlah bed, baik untuk ruang biasa dan ICU. Kebetulan di RSCM tempatnya ada, potensinya bisa ditambah sampai 100 bed,”ujar Menkes Budi dalam konfeerensi pers virtual, Jumat (25/12/2020).

Namun diungkapkan Menkes Budi, hal lain yang lebih dibutuhkan saat ini adalah kecukupan jumlah perawat untuk merawat pasien terinfeksi Covid-19 di rumah sakit.

“Ternyata yang critical bukan ruangannya, tapi perawatnya. Jumlah dokter cukup, jumlah alat kesehatan cukup, ruangan ada, tapi kita membutuhkan perawat lebih banyak,” jelasnya.

Wamenkes, dr. Dante menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan salah satu direktur RSCM, untuk memenuhi kecukupan jumlah perawat dengan membentuk program relawan.

“Dengan model relawan ini, kebutuhan jumlah perawat yang kurang akan lebih cepat terpenuhi,” kata dr. Dante.

Shutterstock Ilustrasi tes Covid-19, deteksi Covid-19, pengujian virus corona.

Selain itu, Menkes Budi juga mengatakan, telah melakukan koordinasi dengan asosiasi profesi kedokteran, beberapa tokoh masyarakat yang aktif mengatasi masalah Covid-19, dan gubernur untuk menghadapi masalah pandemi Covid-19 bersama-sama.

Meski, lonjakan kasus positif Covid-19 usai libur Natal dan Tahun Baru kemungkinan tak dapat dihindari, menurut dr. Dante, yang harus dicegah adalah angka kematian yang meningkat.

Langkah-langkah tersebut di atas diharapkan dapat menekan angka kematian pasien Covid-19.

Terakhir, Menkes mengaskan demi kesehatan bersama, penting untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 3 M, mencuci tangan memakai masker, dan menjaga jarak.

#Antisipasi #Lonjakan #Kasus #Covid19 #Kemenkes #Akan #Tambah #Bed #dan #Perawat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts